Kominfo-Polri Bahas Pencurian Pulsa

SMS Inbox
Sumber :
  • phonenumbers4u.co.uk

VIVAnews - Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar rapat dengan Bareskrim Mabes Polri dan sejumlah provider. Rencananya mereka akan membahas masalah content provider, termasuk kasus pencurian pulsa.

"Ini pertemuan kedua kami dengan pihak regulator. Kalau tanggal 5 Oktober kami sudah ketemu internal," kata Kepala Humas Kominfo, Gatot S Dewa Broto, Selasa 11 Oktober 2011. Menurut Gatot, mereka juga akan mengundang sejumlah konsumen yang menjadi korban pencurian pulsa tersebut.

Gatot menyebutkan rapat kali ini juga mengundang Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dalam konteks pemetaan bersama, dan bukan wacana. "Kami sudah tahu siapa yang salah, tapi kita sinkronkan jangan sampai jalan sendiri," ucapnya.

Dalam pertemuan itu terlihat perwakilan dari Bareskrim Mabes Polri, YLKI, provider, dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

"Masalah ini butuh maping yang besar sekali. Dengan harapan mengkristal dengan regulator, tapi belum tahu nanti bagaimana, lihat perkembang rapat," jelasnya. "Bareskrim juga ada karena kita ingin tahu siapa tahu mereka juga terima laporan yang masuk ranah pidana," terangnya.

Berdasarkan keterangan Gatot, rapat akan digelar sekitar tiga jam. "Kami bukan cari kata sepakat, karena sebenarnya kami sudah ambil langkah, ini hot issue."

Gatot mengaku pihaknya sudah berusaha melakukan sejumlah langkah untuk mengurangi kecurangan dalam layanan telekomunikasi seperti pemblokiran. Namun untuk kasus pencurian pulsa, menurutnya baru kali ini terjadi.

"Belum ada koordinasi sama sekali. Kami duduk bareng dan pecahkan bersama. Permasalahan antara operator dan content provider ada kerja sama, ada yang dipertajam, soal konsekuensi hukum."

Dia menambahkan rapat dengar pendapat dengana DPR beberapa waktu lalu menyatakan regulator, operator dan content provider harus konsen mencermati masalah ini. DPR juga berencana membentuk panitia kerja (panja). (umi)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024