KY Prihatin Putusan Bebas Walikota Bekasi

Ketua Komisi Yudisial, Eman Suparman
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Komisi Yudisial menyayangkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Bandung yang memvonis bebas murni Walikota Bekasi Mochtar Muhammad.

"Saya sangat menyayangkan putusan hakim. Sama seperti KPK, Komisi Yudisial sangat prihatin atas putusan tersebut," ujar Ketua KY Eman Suparman saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 11 Oktober 2011.

Komisi Yudisial, kata Eman, sangat berkepentingan mengawasi hakim. Termasuk hakim di pengadilan Tipikor. Karena itu, dia mengaku tidak terlalu heran ketika pengadilan Tipikor Bandung membebaskan terdakwa korupsi.

Sebelumnya juga, pengadilan Tipikor Bandung telah membebaskan terdakwa korupsi yakni, Bupati Subang Eep Hidayat dan Wakil Walikota Bogor Achmad Ru'yat. "Itulah faktanya. Para hakim Tipikor Bandung seperti itu," katanya.

Karena itu, KY akan melakukan investigasi lebih mendalam terkait putusan bebas para terdakwa yang perkaranya ditangani pengadilan Tipikor.

"Sebetulnya kami sudah melakukan investigasi terhadap para hakim Tipikor. Investigasi kan tidak terbuka. Kami harus cukupi bukti-buktinya dulu. Mudah-mudahan saja dalam waktu tidak terlalu lama akan diberitahukan hasilnya," tutur Eman.

Jaksa penuntut umum pada KPK menuntut Mochtar Mohammad selama 12 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider enam bulan. Jumlah hukuman tersebut merupakan kumulatif dari empat perkara yang didakwakan kepada terdakwa.

Empat perkara korupsi yang didakwakan pada terdakwa adalah, suap Piala Adipura 2010, penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi, suap kepada BPK dan penyalahgunaan anggaran makan-minum yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp5,5 miliar.

Dengan begitu, putusan bebas ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah, dakwaan yang disusun jaksa KPK dimentahkan oleh hakim. (umi)

Namanya Dikatkan dengan Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ayu Dewi: Lindungi Aku dari Fitnah
Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024