Hari Ini Bali Kenang Tragedi Bom 2002

Peringatan Bom Bali di Ground Zero
Sumber :
  • VIVAnews/Wima Saraswati

VIVAnews – Tragedi bom Bali 12 Oktober 2002, yang dikenal bom Bali I, menjadi peristiwa kelam bagi banyak orang. Maka masyarakat Bali dan para wisatawan asing dan lokal hari ini menyempatkan diri untuk tabur bunga dan doa sejenak mengenang para korban.

Pantauan VIVAnews.com, Rabu 12 Oktober 2011, sejak pagi para turis datang silih berganti ke Jalan Legian Kuta, yang kini juga dikenal sebagai ground zero (lokasi teror bom 2002), untuk tabur bunga. Tak ketinggalan, dua orang korban Bom JW Marrriot dan keluarga korban Bom Bali lainnya turut hadir dalam peringatan yang berlangsung sederhana itu.

Sekitar pukul 09.30 WITA, wisatawan asing dan beberapa kalangan masyarakat mulai memadati areal di sekitar monumen peringatan Bom Bali di Ground Zero.

Secara individu dan berkelompok para turis terus berdatangan dan memandangi nama-nama para korban tewas yang berjumlah 202 orang. Doa bersama dipimpin mantan relawan Bom Bali, H Bambang Priyanto.
 
"Kami bukan bermaksud membuka kembali luka lama, namun semua yang berkumpul di sini memanjatkan doa untuk para korban dan keluarga yang ditingalkan agar tetap semangat meneruskan hidup," ujar Bambang di Kuta. Acara peringatan kali ini dilaksanakan secara sederhana dan semua masyarakat dipersilakan untuk mengekspresikan apa yang mereka inginkan lewat doa dan tabur bunga.

Sore nanti, para keluarga korban Bom Bali juga akan berkumpul memperingati tragedi kemanusiaan itu dengan penyalaan lilin. "Nanti akan ada pembacaan surat curahan hati seorang anak yang kehilangan orang tuanya akibat Bom Bali," ujar Bambang. Saat kejadian anak tersebut tengah berusia satu tahun dan kini ia menginjak 10 tahun.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Malam Renungan

Pada siang ini pihak Konjen Australia juga menggelar peringatan tragedi Bom Bali I di Kantornya Jalan Mpu Tantular, Renon, Denpasar.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Selain itu, sejumlah kalangan akan menggelar renungan di Pantai Kuta. Kegiatan yang akan dikoordinir oleh pengelola pantai dengan menghelat sebuah renungan bersama para pedagang, wisatawan, keluarga korban, yang akan dilakukan sekitar pukul 18.00 WITA.

Menurut Kasatgas Pantai Kuta  IGN Tresna, prosesi dilakukan dengan penyalaan 12 obor dan 12 tukik, penyalaan lilin, penaburan bunga.  “Setiap tahun kami rutin menggelar renungan ini, sebagai ungkapan introveksi kita terhadap kejadian yang telah merengut ratusan korban jiwa sembilan tahun lalu,” ujar Gung Tresna. (Laporan Bobby Andalan, Bali)

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024