Presiden Slovakia ke Kampung Mbah Maridjan

Presiden Slovakia, Ivan Gasparovic di Merapi
Sumber :
  • Erick Tanjung| DIY

VIVAnews -- Sekitar pukul 17.02 WIB, Selasa 26 Oktober 2010, Gunung Merapi meletus dahsyat. Setidaknya tiga kali ia meletup saat itu. Material vulkanik menyembur hingga ketinggian 1,5 kilometer. Abu dan awan panas lantas menerjang wilayah sekitarnya, termasuk Dusun Kinahrejo, kampung halaman Mbah Maridjan.

Awan panas menewaskan juru kunci Merapi itu dan belasan orang lainnya. Kinahrejo terkubur material vulkanik, kosong tak berpenghuni, bagai 'dusun hantu'.

Hari ini, Rabu 12 Oktober 2011, Presiden Slovakia, Ivan Gasparovic mengunjungi Kinahrejo. Ia mengaku takjub dengan pemandangan yang ia saksikan. "Saya lihat di sini, alamnya bagus sekali, namun juga sangat berbahaya dan keras," kata dia, Rabu siang.

Presiden Gasparovic juga mengunjungi warga korban erupsi Merapi yang tinggal di hunian sementara (Huntara) Plosokerep, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Dengan didampingi Sri Sultan Haming Kubuwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Ivan berserta rombongan kenegaraannya disambut tarian tradisi masyarakat lereng Merapi. "Saya datang kesini ingin bertemu dengan masyarakat dan melihat secara langsung kondisi pasca erupsi Merapi," kata dia.

Presiden Slovakia mengaku terkesan atas sambutan oleh anak-anak korban erupsi Merapi."Saya berterima kasih atas sambutannya, semoga anak-anak di sini selalu tersenyum dalam hidup mereka," kata dia.

Gasparovic menambahkan, ia berharap erupsi Gunung Merapi tidak menelan korban lagi. "Semoga masyarakat hidup damai dan tenteram."

Sementara, Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, akibat erupsi Merapi 2010 lalu, terdapat 2682 kepala keluarga (KK) yang kehilangan rumahnya. Mereka sekarang ditampung di beberapa huntara.

"Sebagian sudah menempati rumah yang tetap dan sebagian besar warga tinggal disini (Huntara Plosokerep). Rencananya akan kami jadikan rumah tetap termasuk fasilitas umum," terangnya.

Laporan: Erick Tanjung| DIY

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024