Yunus: Korupsi di Daerah Tak Bisa Diabaikan

Yunus Husein Di Wawancara KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yunus Husein mengatakan maraknya korupsi di daerah harus menjadi perhatian khusus. Menurut dia, kasus korupsi di daerah tidak bisa diabaikan begitu saja.

"Kasus korupsi banyak di daerah. Oleh karena itu kita butuh dukungan semua pihak, meskipun prioritas kebijakan berkonsentrasi di berbagai kasus besar," kata Yunus di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 12 Oktober 2011.

Menurut Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan ini, tingkat korupsi di Indonesia masih tinggi. Untuk memberantasnya, kata dia, masyarakat harus melihat korupsi sebagai kejahatan yang luar biasa.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

"Menjadikan korupsi itu sebagai high risk, kejahatan berisiko tinggi. Diikuti pula dengan mematuhi aturan hukum, kode etik, serta menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas pribada dan lembaga," kata Yunus.

Oleh sebab itu, KPK sebagai lembaga yang bertugas memberantas korupsi harus bertindak tegas dan tidak boleh diintervensi oleh siapapun. "KPK harus tetap independen, siapapun yang melakukan intervensi harus ditolak karena itu tidak adil," kata dia. (umi)

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024