Bali Gempa, Wisatawan Tetap Lanjutkan Liburan

Perketat Keamanan Pasca Bom Solo
Sumber :
  • Foto:ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews – Bali diguncang gempa, Kamis 13 Oktober 2011, kemarin. Tak tanggung-tanggung, Pulau Dewata itu diguncang dua kali gempa cukup besar.

Pertama, gempa sebesar 6,8 Skala Richter pada pukul 11.16 WITA. Beberapa jam kemudian, pukul 15.52 WITA destinasi pariwisata internasional itu kembali diguncang gempa dengan kekuatan yang lebih lemah, 5,6 Skala Richter.

Meski begitu, tak ada eksodus besar-besaran dari para wisatawan mancanegara yang banyak mengunjungi pulau yang terkenal seantero dunia itu.

"Kita tahu wisatawan asal Eropa dan Austalia tak pernah merasakan gempa semacam itu. Namun mereka tetap bertahan dan melanjutkan liburannya di Bali," kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Ngurah Wijaya saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 14 Oktober 2011.

Pascagempa yang mengguncang, kata Ngurah, juga tak ada pembatalan kunjungan ke Bali oleh para wisatawan. Semua wisatawan yang telah memesan kamar hotel di Bali tetap akan berkunjung.

"Kunjungan wisatawan masih normal. Kita tidak dapat laporan ada wisatawan yang membatalkan kunjungan," katanya.

Dia mengaku belum mendapat laporan resmi dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tentang kerusakan hotel akibat gempa dan statistik kunjungan wisatawan. Namun ia optimistis bencana kemarin tak mempengaruhi industri pariwisata Bali.

"Kita semua terkejut dengan gempa kemarin. Tapi itu tak mempengaruhi industri pariwisata kita. Meski ada beberapa hotel yang rusak, tapi hanya ringan saja," papar Ngurah.

Ngurah mengaku tak akan melakukan kampanye besar-besaran untuk menarik wisatawan pascagempa. Menurutnya, media massa sudah memberikan fungsinya dengan baik mengenai gempa di Bali kemarin.

"Media sudah memberitakan jika gempa di Bali tak menimbulkan kerusakan berarti. Bagi kami, itu sudah cukup untuk memberikan informasi kepada wisatawan, bahwa Bali tetap aman untuk dikunjungi," tuturnya. (eh)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Tak Bisa Main Lawan Australia, Ivar Jenner Ucapkan Sesuatu soal Kartu Merah
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan sejumlah syarat bakal calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024