PM Malaysia:

"Lacak 'Jin' Pengganggu Hubungan RI-Malaysia"

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Abdul Razak, berpakaian khas Gowa
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews -- Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak meminta, baik Indonesia maupun Malaysia mencari 'jin' yang terus mencoba merusak hubungan erat dua negeri berjiran.

Ia menekankan, dua negara harus bersatu dan mempererat hubungan satu sama lain. "Rakyat kita harus bersatu. Jangan dikuasai emosi, misalnya dengan mengepung kedutaan kami. Kita mesti bersatu," kata Najib seperti dimuat Borneo Post, 15 oktober 2011. "Jangan memberi ruang pada siapapun yang ingin merusak hubungan baik dua negara."

Ucapan PM Najib merujuk pada insiden demo rusuh di depan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, terkait isu tapal batas dua negara.

Ia yakin hubungan dua negara bisa meninggkat ke level lebih tinggi. Bangsa Melayu -- baik di Indonesia dan Malaysia bisa jadi bangsa besar, dengan syarat menguasai ilmu pengetahuan dan kreatif. Bukannya saling berseteru.

Seperti diketahui, hubungan Indonesia dan Malaysia kembali memanas gara-gara Komisi I DPR RI menggelontorkan isu pencaplokan Camar Bulan dan Tanjung Datu oleh negeri jiran.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin yang menyatakan, ada patok yang digeser. akibat kelalaian tim ini Indonesia akan kehilangan 1.490 ha di wilayah Camar Bulan, dan 800 m garis pantai di Tanjung Datu.

Namun, wacana tersebut dibantah Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa. Menlu bahkan mengatakan, tak ada lagi permasalahan perbatasan di Camar Bulan maupun Tanjung Datu.

Demikian juga Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono. Ia menegaskan, pencaplokan hanya isu. "Pangdam sudah mengecek patok tak ada bergeser.  Kami tegaskan tidak ada pencaplokan," kata Agus saat rapat dengan Komisi I DPR RI, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2011. (sj)

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024