Ke Cikeas, Menhan Bahas Pesawat Transport

Purnomo Yusgiantoro
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dipanggil ke Kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas hari ini. Namun, pemanggilan tersebut tidak terkait reshuffle.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Menurut Purnomo, ia melaporkan proyek kerja sama pembangunan pesawat transport antara PT Dirgantara Indonesia dengan perusahaan Eropa, Airbus Military Industry. Proyek ini sudah berjalan mulai bulan ini.

"PT DI rencananya akan membangun satu pesawat transport, pesawat transport CN 235 tapi kapasitasnya lebih besar. Dulu, karena ada impian dari Pak Habibie untuk membangun CN 250, lalu kita berpikir akan membangun yang lebih besar lagi dari CN 235," ujar Purnomo di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 15 Oktober 2011.

Purnomo menuturkan, dalam pertemuan tadi, Presiden SBY mengaku bersedia hadir dalam acara peluncuran pesawat transport tersebut. "Ini juga akan menyelamatkan industri pertahanan kita, terutama industri kedirgantaraan. Prinsipnya, bagaimana kita membangun alutsista di satu sisi tapi di sisi lain kita juga menyelamatkan industri pertahanan kita," ujarnya.

Ia menjelaskan, pesawat transport ini multifungsi, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang sifatnya bencana. Pesawat ini juga bisa mengangkut pasukan.

Dalam waktu dekat ini, Purnomo mengaku tengah mempersiapkan pertemuan Menteri-Menteri Pertahanan ASEAN di Bali dan pertemuan dengan Menhan AS. "Baru kemudian, kita akan mempersiapkan launching pembangunan pesawat transport yang lebih besar dari CN 235," ujarnya.

Tak hanya TNI, menurut Purnomo, Polri juga akan membangun pesawat transport ini. (umi)

Menpora Dito bertemu dengan Menteri Pendidikan UEA Ahmad Belhoul Al Falasi

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Menpora Dito bertemu dengan Menteri Ahmad Belhoul yang menyampaikan dukungan dari UEA kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024