Menhut: RRC Kalahkan Produk Hutan Tanaman RI

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melihatkan bibit jati unggul
Sumber :
  • Antara/ M Ali Khumaini

VIVAnews - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan produksi hutan di Indonesia pada tahun 2011 baru mencapai 50 juta kubik. Dari jumlah itu, sekitar 60 persennya berasal dari berasal dari hutan tanaman.

Menurut Zulkifli, jumlah ini kalah jauh dengan produksi hutan tanaman di China, yang saat ini telah mencapai produksi hingga 150 juta kubik pertahunnya.

"Dibutuhkan waktu sekitar 20 tahun lagi untuk menyamai produksi hutan tanaman China, jika Indonesia serius untuk memproduksi hutan tanaman," kata Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan di Yogyakarta, Minggu 16 Oktober 2011.

Zulkiflki melanjutkan, untuk meningkatkan produksi hutan tanaman, Kementerian akan menggandeng perguruan tinggi. Tujuannya, untuk membantu mengaplikasikan teknologi budidaya hutan tanaman seperti kayu sangon, mahoni, dan meranti.

"Kami akan mengajak perguruan tinggi membantu pengaplikasian teknologi budidaya hutan tanaman," kata Menteri yang juga mantan Sekretaris Jenderal PAN ini.

Lebih lanjut Zulkifli menyatakan, kemampuan poduksi hutan tanaman itu mencapai 10-18 kali lipat dibanding dengan hutan alam. Sehingga menurutnya, cukup dibutuhkan 10 juta hektar lahan saja untuk luas pengembangan hutan tanaman.

Sayang, kata dia, para pemilik Hak Pengusahaan Hutan (HPH) belum secara optimal memanfaatkan hutan tanaman. "Untuk mencapai target itu maka pemilik HPH harus secara ioptimal memanfaatkan hutan tanaman," kata Zulkifli. (Laporan: Juna Sunbawa, Yogyakarta / ren)

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita
Bernardus Prasodjo, pelukis gambar di kaleng biskuit Khong Guan.

Top Trending: Sosok di Balik Gambar Khong Guan Hingga Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Berita mengenai Terungkap Sosok di Balik Gambar Legendaris Kaleng Khong Guan tengah disorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpopuler kanal trending

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024