Bali Padam, PLN Rugi Rp51 Juta

Semarapura, peninggalan kerajaan Bali
Sumber :
  • kemoning.info

VIVAnews – Listrik Bali pada pukul 09.13 Wita, Senin 17 Oktober 2011 mengalami blackout lebih dari 30 menit. Akibatnya, listrik di Kabupaten Gianyar, Karangasem, Bali selatan, dan sebagian Kota Denpasar mengalami pemadaman total.

Ribuan hotel yang ada di Bali Selatan mulai dari Kuta, Legian, Jimbaran, Kedongan, Nusa Dua mengalami mengalami imbas listrik padam selama 30 menit lebih.

“Kami akui memang banyak hotel yang komplain, tetapi kami harus berkata terus terang bahwa pemadaman tersebut akibat dari gempa bumi yang terjadi di Bali beberapa hari lalu yang menyebabkan insulator di Gardu Induk Kapal, Kecamatan Mengwi rubuh saat mendapat manuver mesin pembangkit yang ada,” ujar General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Bali, Dadan Koerniadipoera di Kantor PLN Renon Denpasar, Senin 17 Oktober 2011.
             
Menurut Dadan, insulator (pemisah sistem tegangan saluran utama) yang ada di gardu induk di Kapal tersebut menyebabkan sekitar 80 persen beban listrik untuk beberapa wilayah seperti di Gianyar, Karangasem, Bali selatan, Kota Denpasar mengalami pemadaman secara serentak. Akibatnya PLN mengalami kerugian sebesar Rp51 juta selama 30 menit tersebut.

“Selain rugi, kami juga mendapatkan banyak pengaduan dan komplain. Kami harus jujur bahwa gangguan tersebut berada di luar dugaan karena insulator tersebut pecah akibat gempa beberapa hari lalu di Bali,” ujarya.
 
Saat gempa terjadi rupanya insulator tersebut sudah dalam keadaan retak sehingga saat petugas melakukan perawatan rutin, insulator tersebut langsung rubuh dan pecah. Pasokan listrik yang melewati gardu induk tersebut akhirnya mati total.
 
Pengawas Pusat Penyaluran dan Pengaturan Beban Jawa Bali Distribusi Bali Wayan Bujana mengatakan, setelah ditemukan pecahnya salah satu insulator di gardu induk Kapal, Mengwi, seluruh petugas lapangan langsung dikerahkan untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh insulator yang ada di Bali.
 
Ada kemungkinan besar masih banyak insulator yang mengalami hal yang sama agar segera dilakukan perbaikan sehingga listrik Bali tidak padam total lagi. “Seluruh unit sudah dikerahkan untuk melakukan pengecekan, karena retak-retak kecil pasti tidak bisa dilihat secara kasat mata sehingga langsung segera diperbaiki,” ujarnya.

Untuk diketahui, harga satu uni insulator sebesar Rp175 juta. Hingga saat ini petugas belum menemukan insulator di gardu-gardu lainnya karena masih dalam proses pengecekkan. (eh)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024