Akad Nikah Putri Sultan Telah Sah Dilakukan

Pernikahan putri Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • ANTARA/ Noveradika

VIVAnews - Prosesi ijab qabul pernikahan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegoro dan Gusti Kanjeng Ratu Bendoro digelar di masjid Panepen Keraton Yogyakarta, pagi ini, Selasa 18 Oktober, telah dilakukan.

Acara dimulai dengan kedatangan calon pengantin pria, Yudanegoro, di Bangsal Srimanganti untuk menunggu prosesi akad nikah dan kedatangan Sri Sultan Hamengku Buwono X di masjid Panepen pada pukul 06.00 WIB. 

Prosesi itu tanpa dihadiri pengantin perempuan, GKR Bendoro. Keduanya baru dipertemukan dalam prosesi panggih, yang digelar usai ijab qabul di bangsal Kencono, pukul 10.00 WIB. Dalam prosesi ini sekaligus para tamu dan undangan bisa mengucapkan selamat kepada mempelai.

Adapun mas kawin dalam "Pernikahan Keraton Yogyakarta" ini adalah seperangkat alat shalat, rojokoyo (perhiasan), dan kitab suci Alqur'an.

"Acaranya khutbah, akad nikah, dan doa," kata Kanjeng Raden Pengulu, Dipodiningrat, Pengageng 1 Kawedanan Pengulun, saat ditemui VIVAnews.com sebelum akad nikah berlangsung di Keraton, Selasa 18 Oktober 2011.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Pesan khutbah, kata Dipodiningrat adalah menyampaikan kepada pengantin, bahwa perkawinan itu adalah pertemuan dari dua keluarga yang akan membentuk keluarga baru yang sakinah, mawadah, dan rahmah. (Laporan: Erick Tanjung | DIY, art)

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024