Makhluk Gaib Diusir dari Resepsi Putri Sultan

Sri Sultan HB X & GKR Bendara saat Malam Midodareni
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Setelah ijab kabul pagi tadi, prosesi pernikahan kerajaan antara putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara atau GRAy Nurastuti Wijareni dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara atau Achmad Ubaidillah dilanjutkan dengan acara resepsi.

Sejumlah penari menarikan 'edan-edanan'atau tari 'gila-gilaan' untuk tolak bala.

Pada saat tamu berdatangan, tempat perhelatan acara kedatangan empat orang dengan muka coreng moreng. Mirip orang gila -- tentunya bukan benar-benar gila. Yang wanita bersanggul mengenakan kemben dengan pinggang yang mengenakan ikatan dari sampah-sampah daun pisang sambil menggendong nanas, pisang, dan tomat. Sementara yang lelaki menaiki kuda lumping.

Tarian itu dilakukan di Emper Kagungan Dalem Bangsal Kencana. Dua pasang penari memainkan tarian sepanjang jalur yang akan dilalui pasangan pengantin.

Tujuan tari itu, untuk sarana mengusir makhluk-makhluk gaib yang dapat mengganggu acara. Ketika tiba-tiba ada ancaman, merekalah yang di memasang diri sebagai tumbal roh halus.

Disebut edan-edanan karena penari berpolah tingkah seperti orang gila. Para penari itu adalah Mas Bekel Padmo Siogo, Nyi Hamong Hadi Harsono, Mas Kliwon Sumokaryo, dan Nyi Mas Wedono Hamong. "Kami datang ke sini untuk menolak bala sebagai simbol penolak bala,” kata Padmo Siogo di lokasi, Selasa 18 Oktober 2011.

Sementara itu, tamu undangan tampak memadati kompleks Bangsal Kencana. Sekitar 1.025 tamu undangan mulai memasuki tempat duduk. Kompleks bangsal yang disulap dengan warna krem oranye terlihat mewah.

Di antara tetamu adalah, Presiden SBY dan Wapres Budiono. Juga 20 menteri Kabinet Indonesia bersatu II, 10 Dubes, 40 raja nusantara, Jusuf Kalla, Hamzah Haz, Syarif Hassan (Menkop), Agung Laksono, Agum Gumelar, Ketua DPR RI Marzuki Alie, mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Rizal Ramli, Akbar Tandjung, Mantan Ketua PBNU Hasyim Muzadi, istri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid beserta anak-anaknya dan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. (Laporan: Erick Tanjung | DIY, umi)

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik
Air kelapa

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Air kelapa adalah minuman alami yang menyegarkan dan lezat yang dikenal banyak orang sebagai minuman tropis yang menyehatkan dan memiliki manfaat untuk tubuh.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024