3 Luka, 2 Toko Hangus Terbakar di Ambon

Kodam XVI Pattimura mengerahkan sejumlah tank di Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Bentrok antara dua kelompok massa yang terjadi dini hari tadi di Ambon mengakibatkan sejumlah orang terluka juga kerugian materiil.

Informasi yang dihimpun VIVAnews.com, tiga warga mengalami luka parah dalam perkelahian yang terjadi di Jalan Dr Soetomo, Pohon Pule, Sirimau, Kota Ambon.

Korban pertama bernama, Carlie Patipawae, 45 tahun. Ia mengalami luka panah di betis kakinya. Lalu ada Agus, 21 tahun yang mengalami luka robek di kepala. Perlu 12 jahitan untuk menutupnya. Korban ketiga adalah, Andre Paknyany, 21 tahun, luka di betis kanan akibat panah.

Bentrok juga bangunan rusak. Termasuk, bangunan toko kayu Liani milik Salim Syukur. Toko yang terletak di Jalan Baru itu ludes terbakar. Juga toko kayu, UD Dion milik Nyong, juga di Jalan Baru, dilalap si jago merah.

Bentrok di Ambon terjadi saat dua orang  yang berboncengan sepeda motor sekitar pukul 03.00 WIT berhenti di depan toko UD Dion dan melempari toko  dengan batu. Motor kemudian melaju ke arah Jalan Baru yang lokasinya tidak terlalu jauh. Di lokasi ini, pengendara motor yang diduga provokator juga melakukan aksi pelemparan batu.

Usai melancarkan aksinya, pengendara motor itu meninggalkan lokasi dengan cepat. Namun massa dari dua kelompok terlanjur terpicu emosinya.  Dua toko dan sebuah rumah hangus di bakar. Saat itu sempat juga terdengar suara tembakan sehingga menimbulkan konsentrasi massa di sekitar Tugu Trikora dan Pohon Pule yang merupakan wilayah perbatasan  dua kelompok ini.

Saat ini, situasi relatif terkendali. Ratusan polisi dan Brimob masih berjaga di lokasi.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta semua aparatnya bekerja keras, mencegah terjadinya kekerasan horizontal.

Secara khusus, SBY menyinggung  konflik di Ambon 11 September 2011 lalu, yang menyebabkan korban jiwa adalah pengalaman berharga. Kisruh ini dipicu berita bohong yang beredar cepat. "Memanaskan situasi, memprovokasi, hingga menyebabkan terjadinya korban jiwa," kata dia, Rabu 19 Oktober 2011. SBY menegaskan, demi hukum, pelakunya harus diberi tindakan. Laporan: Abdul Karim dan Dianthi | Ambon (adi)

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik
Toyota Fortuner Hybrid 48V

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Toyota Fortuner Hybrid baru saja resmi diluncurkan, mobil SUV gagah ini mendapatkan teknologi hybrid ringan (mild hybrid) 48V. Bagaimana spesifikasi mobil Fortuner itu?..

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024