Terjawab, Misteri Benda Jatuh di Nunukan

Ujicoba rudal Yakhont dari KRI Oswald Siahaan-354 di Samudera Hindi
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Sejak Selasa 18 Oktober 2011 malam, warga Nunukan, Kalimantan Timur dihebohkan oleh fenomena tak biasa: suara ledakan, cahaya putih di langit, laut yang memerah, juga terbentuknya lubang berdiameter 2 meter dan sedalam 1 meter di bibir pantai.

Warga menduga, ada meteor jatuh di wilayah mereka. Spekulasi lain menyebut, sampah antariksa dari satelit jatuh menumbuk bumi Nunukan.

Ternayata, dua kemungkinan tersebut salah. Kepala Dinas Penerangan TNI AL,  Laksamana Untung Surapati mengakui, yang terjadi di Nunukan terkait latihan militer yang sedang digelar.

"Suara yang dimaksud adalah ledakan bahan peledak dari latihan militer yang sedang kami gelar," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis 20 Oktober 2011.

Dia menambahkan, adanya kilat saat itu - yang mengesankan seperti meteor jatuh, dikarenakan faktor cuaca. "Karena saat ledakan, cuaca sedikit hujan, dengan kilat halilintar menyambar," tambah dia.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Terbentuknya lubang juga akibat kegiatan militer. Sejak 12 hingga 22 Oktober, TNI AL menyelenggarakan latihan intelejen terpadu di wilayah perairan perbatasan Kalimantan Timur.

Kemungkinan benda misterius yang jatuh di Nunukan adalah dampak latihan militer sebelumnya disampaikan Profesor Riset Astronomi Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin.

Karena fisik benda tersebut belum ditemukan, Thomas menyebut tiga kemungkinan, yakni meteorit, sampah luar angkasa, atau sebab lokal, latihan militer.

Thomas mengakui, ada keanehan dalam peristiwa jatuhnya benda misterius di Nunukan. Terutama, terkait dua benda yang berjatuhan di tempat berdekatan, dalam rentang waktu relatif lama.

"Ada keanehan, ada semacam dua kejadian di tempat berdekatan. Kalau fenomena antariksa hampir tidak mungkin waktunya berbeda. Kalau waktunya berdekatan mungkin," tambah dia.

Di Nunukan dua benda jatuh dalam jarak dekat dan waktu yang berbeda. "Barangkali, mungkin kemungkinan ketiga (militer)," kata Thomas.

Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024