Polisi: Warga Ambon Sadar Terprovokasi

Kerusuhan Ambon
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Polisi terus menyelidiki siapa dalang bentrokan yang terjadi di Jalan Dr Soetomo, Pohon Pule, Sirimau, Kota Ambon sekitar pukul 03.00 WIT. Polisi yakin bentrokan antara dua kelompok ini akibat ulah provokator.

"Masih dikejar pelakunya," kata Juru Bicara Polri, Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam di Markas Besar Kepolisian RI, Kamis 20 Oktober 2011.

Sebelumnya, peristiwa bentrok itu dipicu oleh aksi pelemparan batu orang tidak dikenal. Ada dua orang yang berboncengan sepeda motor berhenti di depan toko UD Dion dan melempari toko tersebut dengan batu.

Motor tersebut kemudian melaju ke arah Jalan Baru yang lokasinya tidak terlalu jauh. Di lokasi ini, pengendara motor yang diduga provokator juga melakukan aksi pelemparan batu.

Kemudian kedua orang itu langsung meninggalkan tempat. Massa sudah tersulut emosinya hingga terjadi bentrok. "Akhirnya terjadilah aksi saling lempar melempar antara dua kelompok itu nah ini ada orang yang disengaja untuk membuat provokator," kata Anton.

Anton menambahkan, saat ini situasi di Ambon sudah kondusif. Sementara kedua kelompok warga ini mulai menyadari bahwa peristiwa ini adalah pancingan untuk memprovokasi mereka. "Makanya mereka tidak melakukan terus dan berhenti terus sekarang kondusif," kata dia. (umi)

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode
Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024