Rutan Solo Siap Sambut Umar Patek

Anton Bachrul Alam melihatkan foto terbaru Umar Patek
Sumber :
  • Antara/ Idris

VIVAnews – Teroris Bom Bali I, Umar Patek, akan dititipkan di Rumah Tahanan Kelas I Surakarta, selama menjalani proses rekonstruksi di Solo. Di rutan itu, ia direncanakan menempati ruang tahanan khusus yang terpisah dengan tahanan lain.

“Umar Patek nanti akan ditempatkan di kamar tahanan tersendiri, tidak dijadikan satu dengan narapidana lain, karena Umar Patek kan kasusnya tersendiri,” kata Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Hilal, kepada VIVAnews.com, Jumat 21 Oktober 2011.

Hilal menyatakan, sampai saat ini pihak Rutan Solo terus melakukan persiapan untuk menyambut Umar Patek, termasuk berkoordinasi dengan kepolisian. “Tapi soal jam berapa kedatangannya, kami belum tahu. Kami melakukan persiapan saja,” ujarnya.

Saat ini, sejumlah polisi bersenjata lengkap telah disiagakan di depan rutan. Tak hanya itu, satu mobil water canon pun ikut disiagakan. Polresta Solo sendiri akan menurunkan 500 personel untuk mengamankan Solo saat rekonstruksi Umar Patek berlangsung.

Rekonstruksi dikabarkan akan digelar di 5 titik, antara lain rumah kontrakan Umar Patek dan Dulmatin, Terminal Tirtonadi Solo dan daerah Tugu Lilin. Rekonstruksi kemungkinan digelar besok Sabtu.

Sebelumnya, Umar Patek telah menjalani rekonstruksi di tempat peristiwa ledakan bom di Jalan Legian, Kuta, Bali. Saat rekonstruksi, polisi menutup seluruh Jalan Legian demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Bom Bali I yang terjadi tahun 2002 menewaskan 202 orang.

Umar Patek telah mengakui keterlibatannya dalam Bom Bali I dan Bom Natal tahun 2000. Ia mengaku bekerja sama dengan Dr. Azahari untuk membuat rangkaian bom. Azahari, seorang warga negara Malaysia juga merupakan otak Bom Bali, telah tewas meledakkan diri dalam penyergapan Detasemen Khusus 88 di Batu, Malang.

Setelah Bom Bali meledak, Umar Patek melarikan diri ke Filipina. Tahun 2009, ia kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Dulmatin, Suwad, dan Hari Kuncoro yang telah tertangkap di Pekalongan, Jawa Tengah.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Arkhan Fikri Gagal Penalti, Ini yang Dipikirkan Ernando Ari
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN KITA Edisi April 2024, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 26 April 2024

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2024 bisa mencapai 5,17 persen.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024