Flu Burung

Tak Ada Unggas Mati Mendadak di Cianjur

Pemusnahan Wabah Flu Burung
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVANews - Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan
Kabupaten Cianjur, terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan unggas di wilayah kediaman Nenah--yang diduga suspect flu burung, di Kampung Pasir Kunci RT 05/03, Desa Sindangsari, Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

“Setelah mendapatkan informasi adanya pasien terduga flu burung, kita langsung survei lokasi dengan melakukan pendeteksian melalui rapid test terhadap unggas di sekitar lokasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pasti ada atau tidaknya riwayat unggas yang mati mendadak.” kata Kepala Seksi Bina Kesehatan Ikan dan Hewan DPPK Kabupaten Cianjur Agung Rianto, Jumat 21 Oktober 2011.

Berdasarkan hasil survey di lokasi serta pendeteksian menggunakan tes uji cepat, kata dia, dipastikan tidak ada penyebaran virus flu burung di wilayah ini.

Dari Januari hingga Oktober 2011, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kematian unggas yang mendadak di Cianjur. Kalaupun ada, menurut Agung, tidak bisa langsung dikategorikan flu burung. Karena, bisa jadi ada penyebab lainnya,

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Makanya harus kita tes dulu. Tentunya juga melakukan sosialisasi penanggulangan serta pencegahan flu burung langsung ke masyarakat, terutama kepada para pemilik unggas," katanya.

Sebelumnya, Nenah (29), warga Kampung Pasir Kunci RT05/03 Desa Sindangsari Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, diduga terjangkit virus Avian Influenza alias flu burung. Kini, dia tengah menjalani perawatan intensif di ruangan isolasi Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.

Melihat gejala yang dialami Nenah saat tiba di RSUD Cianjur, petugas pun langsung membawanya ke ruangan isolasi.

Nenah mengalami demam tinggi sejak tiga hari lalu. Hampir sepekan lebih, ia mengalami batuk berdahak, tidak bisa buang air besar selama tiga hari berturut-turut, dan disertai bintik-bintik merah pada bagian tubuh.

Laporan: Permadhi | Cianjur, umi

Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024