AS Siap Bantu Militer Indonesia

Sertijab KSAD
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan  Purnomo Yusgiantoro di sela pertemuan Menteri Pertahanan se-ASEAN di Nusa Dua, Bali. Dalam pertemuan itu, kedua negara membahas rencana kerjasama di bidang militer.

Amerika Serikat mendukung sepenuhnya langkah Indonesia di bidang kemiliteran. Hubungan baik yang meningkat ini akan terus dipertahankan,” kata Purnomo dalam keterangan resmi usai pertemuan, Minggu 23 Oktober 2011.

Dukungan Amerika terhadap Indonesia, sambung Purnomo, adalah dalam bentuk penyediaan berbagai kebutuhan militer yang diperlukan Indonesia. Kebutuhan militer Indonesia yang akan disokong itu dalam bentuk penyediaan segala kebutuhan persenjataan.

Menurut Purnomo, selain itu, Indonesia juga butuh suku cadang pesawat, seperti F-16 dan Hercules. Pesawat itu selain dipakai untuk kepentingan militer, juga untuk kepentingan lainnya. "Ada juga beberapa penghibahan senjata buatan Amerika,” katanya.

Selain itu, katanya, Amerika sudah menunjukkan komitmen dengan memberi bantuan radar. Radar itu dipasang di Selat Malaka dan sedang dikembangkan di Selat Sulawesi. Semua itu merupakan bentuk komitmen dukungan pemerintah Amerika dalam membantu militer Indonesia. Apalagi, Indonesia sendiri sedang melakukan penguatan terhadap keamanan maritim.

“Tapi untuk hasil pertemuan ini kami belum tahu persenjataan apa yang akan diberikan Amerika untuk memperkuat militer Indonesia. Itu dilakukan Pemerintah Amerika Serikat dalam kerangka mewujudkan komunitas keamanan ASEAN pada 2015 mendatang,” tutur Purnomo. (Laporan Bobby Andalan, Bali)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024