Albertina Ho: Vonis Cirus Bukan Balas Dendam

Cirus Sinaga Menjalani Sidang Lanjutan di Tipikor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor yang dipimpin Albertina Ho menjatuhkan vonis 5 tahun penjara terhadap jaksa Cirus Sinaga. Albertina menjamin putusan majelis hakim atas perkara ini didasarkan pada kepentingan masyarakat dan negara.

"Bukan sebagai balas dendam. Akan tetapi sebagai pembinaan saudara terdakwa," kata Albertina saat membacakan vonis Cirus di PN Tipikor, Jakarta, Selasa 25 Oktober 2011.

Cirus didakwa karena terbukti menghilangkan pasal korupsi dalam perkara pencucian uang mafia pajak Gayus Tambunan di Pengadilan Negeri Tangerang, beberapa waktu lalu. Selain vonis 5 tahun penjara, Cirus juga diwajibkan membayar denda Rp150 juta subsider 3 bulan kurungan.
 
Dalam putusannya, Albertina membeberkan hal yang memberatkan dan meringankan Cirus. Hal yang memberatkan,  sebagai penegak hukum tindakan Cirus bertentangan dengan program pemerintahan yang bersih, yang bebas dari korupsi. Sedangkan hal meringankan, Cirus belum pernah dihukum. Selain itu dia juga sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan pengobatan secara intensif.

"Demi rasa keadilan kami juga mempertimbangkan beberapa segi untuk masyarakat, negara dan kepentingan terdakwa. Bahwa, terdakwa sebagai jaksa peneliti yang bertugas, perkara ini memang tidak menjadi tanggung jawab terdakwa sendiri. Karena masih ada jaksa peneliti lain dan atasannya yang ikut bertanggungjawab, dan dapat melakukan koreksi terhadap pekerjaan terdakwa," beber Albertina.

Sayangnya, Cirus sebagai aparat penegak hukum yang menjadi contoh dan teladan bagi penegak hukum lainnya, malah melakukan hal yang sebaliknya sehingga mengurangi rasa kepercayaan masyarakat terhadap aparat penegak hukum. (eh)

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024