Rp800 M untuk Pindahkan Pusat Kota Padang

Gempa di Kota Padang
Sumber :
  • menkokesra.go.id

VIVAnews - Dana sebesar Rp800 miliar dialokasikan untuk memindahkan pusat pemerintahan Kota Padang agar terhindar dari zona merah tsunami. DPRD Kota Padang telah menyetujui dana pembangunan tahap pertama yang mencapai Rp106 miliar.

“Untuk tahap pertama yang dimulai pada akhir tahun ini, akan dibangun tiga gedung: Balaikota, DPRD, dan masjid,” kata Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah, kepada VIVAnews.com, Selasa, 25 Oktober 2011.

Menurut Mahyeldi, pembangunan tahap pertama ditargetkan selesai pada 2013. Peletakan batu pertama akan dilakukan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Tahun ini, Mahyeldi mengatakan, dana sebesar Rp10 miliar dikucurkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Padang untuk memulai proyek pemindahan pusat pemerintahan Kota Padang di kawasan By Pass, Air Pacah, Kecamatan Koto Tangah, Padang.

Pemkot Padang telah menyiapkan lahan seluas 60 hektare di kawasan zona aman tsunami -- sekitar 15 kilometer dari bibir Pantai Padang -- karena lokasi kantor Balaikota Padang saat ini berada di kawasan zona merah tsunami. “Sebanyak 30 hektare lahan sudah kami bebaskan,” ujar Mahyeldi.

Kantor Balaikota Padang saat ini berada tepat di samping Pasar Raya Padang yang hanya berjarak sekitar satu kilometer dari bibir Pantai Padang. Ancaman tsunami yang membayangi kawasan di bibir pantai Samudera Hindia ini membuat Pemkot Padang menargetkan pemindahan pusat pemerintahan ini selesai dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya, ujar Mahyeldi, Komisi I DPRD Padang telah menyetujui anggaran pemindahan kantor Balaikota Padang serta sejumlah landskap pendukung. Secara bertahap, APBD 2011 menganggarkan dana Rp15 miliar, tahun 2012 Rp39 miliar, dan 2013 sebesar Rp52 miliar.

Gedung balaikota yang baru ini dibangun di lahan seluas tiga hektare. Usai pembangunan gedung ini, secara bertahap pembangunan fasilitas pendukung lainnya akan disiapkan pada tahap berikutnya. “Pembangunan yang ditaksir menghabiskan anggaran Rp800 miliar itu akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Rancangan teknis pembangunan pusat pemerintahan Kota Padang ini telah disiapkan sejak 2010. (Laporan: Eri Naldi | Padang, art)

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 di Indonesia

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 Indonesia versi LinkedIn. Top Companies yang dirilis LinkedIn kali ketiga ini menyoroti 15 tempat kerja terbaik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024