Bakal Calon Gubernur Aceh Diuji Baca Alquran

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, memasukkan kertas suara Pemilu
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Tiga pasangan bakal calon gubernur Aceh menjalani tes baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu 26 Oktober 2011. Ini merupakan salah satu syarat bagi calon kepala daerah di Aceh untuk maju dalam Pemilukada.

Tiga bakal calon gubernur Aceh adalah pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, dan Tengku Ahmad Tajudin-Teuku Suriansyah. Dua pasangan calon gubernur Aceh maju lewat jalur independen, sementara pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah diusung koalisi partai politik yaitu Demokrat, PPP, dan Partai SIRA.

Dalam uji baca Alquran ini para kandidat dinilai kemampuannya dalam mengenal ayat, huruf, tajwid, dan adab. Para dewan juri terdiri dari perwakilan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Departemen Agama, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Akmal Abzal menyebutkan, para kandidat harus mengantongi nilai minimal 50 untuk lolos dari tahap ini. "Masing-masing kandidat membaca tiga surat yang telah ditentukan. Kalau bisa mencapai 100, alhamdulillah," katanya.

Hampir semua kandidat bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh itu lancar Alquran. Hanya Nova Iriansyah tampak terbata-bata dalam membaca huruf demi huruf Alquran di hadapan dewan juri dan juga disaksikan ratusan warga yang memadati Masjid Raya Baiturrahman.

Hasil uji baca Alquran ini akan diumumkan dan menjadi syarat khusus bagi bakal calon kepala daerah di Aceh. Syarat baca Alquran ini hanya berlaku di Aceh sebagai daerah yang telah menerapkan syariat Islam sejak tahun 2003 silam. (Laporan Riza Nasser | Aceh, umi)

Heboh Penemuan Jasad Bayi Sudah Membusuk di Dalam Kaleng Biskuit
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Penting, 10 Tips Agar Jemaah Haji Tak Tersesat di Arab Saudi

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024