2012, Amir Syamsuddin Resmikan 12 LP Baru

Seorang penghuni sel berdiri di salah satu blok ruang sel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)
Sumber :
  • ANTARA/Bhakti Pundhowo

VIVAnews - Kementerian Hukum dan HAM akan meresmikan 12 lembaga pemasyarakatan baru pada 2012. Sekitar tujuh Lembaga Pemasyarakatan lainnya sedang dalam proses pembangunan lanjutan. Total biaya yang disetujui DPR sekitar Rp700 miliar lebih.

"Insya Allah 2012 kami akan resmikan LP baru, kurang lebih 12 LP. Itu di Bekasi, Pekanbaru, Pamekasan Madura, Banjar dan Lapas anak di Bandung," kata Dirjen Pemasyarakat Kementerian Hukum dan HAM, Sihabuddin di Jakarta, Rabu, 26 Oktober 2011.

Menurut Sihabuddin, permasalahan mendasar dari lembaga pemasyarakatan adalah kelebihan kapasitas. Saat ini jumlah tahanan di Indonesia mencapai 140 ribu sedangkan pegawai LP hanya 30 ribu orang. Jumlah yang tidak sebanding ini tentunya akan mempengaruhi pelayanan narapidana.

"Yang biasanya kami layani 1.000 orang jadi layani 3000 orang. Jadi penurunan pelayanan itu pasti ada. Termasuk kesehatan, ganguan keamanan dan peluang petugas untuk berbuat agak nakal," kata dia.

Dengan 12 penjara yang tersedia, nantinya akan dilakukan pemetaan untuk menampung kelebihan kapasitas tahanan yang ada di Jakarta. Untuk diketahui Jakarta sendiri kelebihan kapasitasnya sudah mencapai 118 persen.

"DKI kan kapasitasnya 5.000 lebih. Tapi isinya sekarang hampir 12 ribu. Jadi kan ini kan sudah menjadi problem yang mendasar," kata dia. (eh)

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Presiden PKS dan Imam Budi Hartono di Depok

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Presiden PKS menginstruksikan kepada seluruh struktur untuk berjuang bersama memenangkan Imam Budi Hartono.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024