Seberapa Kuat Orang yang Melindungi Nunun?

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • grewnews

VIVAnews -- Tim pencari sudah disebar, sejumlah negara dimintai bantuan, Interpol juga dilibatkan, namun usaha pencarian buron kasus cek pelawat, Nunun Nurbaeti Daradjatun belum juga membuahkan hasil. Nihil. Mengapa?

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Chandra M Hamzah, menjelaskan sejumlah hambatan yang dihadapi. Salah satunya, "Tentu saja ada orang-orang yang tidak menginginkan proses pencarian ini berhasil. Kepentingannya apa? Saya juga nggak tahu," kata dia usai seminar bertajuk, "Penguatan Pemberantasan Korupsi Melalui Tugas Koordinasi dan Supervisi KPK" di Hotel Ritz Calton, Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Chandra juga tak merasa perlu menyebut siapa saja orang-orang yang melindungi Nunun. "Itu kan logika umum, setiap orang yang melarikan diri, pasti ada yang ingin melindungi," tambah dia.

Seberapa kuat orang yang melindungi Nunun, sehingga KPK tak bisa menangkapnya? "Permasalahannya, dia ada di luar negeri. Tidak mudah begitu lho, itu masalah tempat. Kalau masalah di dalam negeri lebih gampang, tapi ini masalah di luar negeri. Masalah perpindahan di perbatasan di luar negeri yang tidak resmi," jawab Chandra.

Jadi, di mana Nunun saat ini? "Informasi dimana saya nggak bisa kasih tahu, mohon maaf. Masih dalam proses pencarian," jawab Chandra.

Dia menambahkan, penegak hukum dan pemerintah Indonesia telah meminta bantuan ke negara-negara sahabat. "Surat sudah kami kirim. Kami kerja sama dengan baik.

Sebelumnya, Busyro mengakui kesulitan KPK dalam menghadirkan Nunun di persidangan karena kekuatan tertentu. Busyro pun mencontohkan kasus suap wisma atlet dengan tersangka Muhammad Nazaruddin. "Lihat saja kasus Nazaruddin, karena tidak ada kekuatan tertentu di balik Nazar, jadi bisa ditangkap," ujarnya.

Namun, Busyro enggan berkomentar siapa kekuatan besar di balik istri mantan Wakapolri Irjen (Purn) Adang Daradjatun itu. "Kami tidak tahu," ujarnya sambi tertawa.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic
Skuad Indonesia di Thomas Cup 2024

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

M. Fadil Imran mengatakan partisipasi Indonesia dalam Thomas Cup dan Uber Cup tahun ini menjadi momen penguatan semangat para atlet menjelang Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024