Membidik Kandidat Kuat Ketua KNPI

Taufan Eko Nugroho Rotorasiko
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Jumlah calon kuat Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) semakin mengerucut. Dari sejumlah kandidat yang tampil, terdapat dua kandidat yang cukup diunggulkan yakni Ahmad Doli Kurnia dan Taufan Eko Nugroho Rotorasiko, yang akrab disapa TEN.

Taufan disebut memiliki keunggulan di bidang jaringan dan program yang dapat menyebar di seluruh pelosok nusantara. Menurut Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) Patriot Bela Bangsa Ali Akbar, masing-masing kandidat saat ini memang mempunyai peluang yang sama kuat.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Namun Taufan yang saat ini menjadi Ketua Umum Karang Taruna Indonesia, merupakan kandidat yang cukup mampu merepresentasikan kemajemukan Indonesia.

“Kalau dilihat dari program kerjanya, Taufan mempunyai peluang besar. Sebab, KNPI itu kan harus bisa menyatukan pemuda dari Sabang sampai Merauke,” kata Ali kepada wartawan di Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Ali menambahkan, sebagai organisasi pemuda, KNPI memang membutuhkan figur yang siap menyatukan seluruh sumber daya dan kekuatan kepemudaan Indonesia. Ketua Umum KNPI nantinya juga harus mampu mempertahankan jatidirinya, termasuk dari kepentingan partai politik apapun.
 
“KNPI itu ibarat pelangi, yang semua warna ada. Sehingga KNPI 1 memang harus mampu merangkul semua keberagaman yang ada, tetapi tidak boleh terjebak dalam kepentingan tertentu,” katanya.
 
Sebelumnya, Sekjen Generasi Muda Warga Jaya Indonesia, Chaerul Razak, menilai ada beberapa syarat yang dibutuhkan untuk menjadi calon Ketua Umum KNPI. Salah satunya adalah kemandirian yang didukung dengan jaringan organisasi hingga ke pedesaan.

Menurut Chaerul, hajat Kongres KNPI adalah momentum untuk mengembalikan organisasi ini sebagai garda depan bagi pemuda Indonesia. Saat ini agenda utamanya ialah menghilangkan kepemimpinan di tubuh KNPI.

Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Gaza

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa 23 April 2024 menyerukan penyelidikan internasional terhadap laporan kuburan massal di dua rumah sakit Gaza yang hancur

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024