Puncak Jaya Kondusif, Trigana Kembali Terbang

twin otter parkir di lapangan terbang (Lapter) Mulia, kabupaten Puncak Jaya
Sumber :
  • Antara/ Marcelinus Kelen

VIVAnews - Kepala Kepolisian Resor Puncak Jaya, Papua, Ajun Komisaris Besar Alex Korwa, menyatakan situasi Puncak Jaya sudah berangsur kondusif, aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan sebagaimana biasanya.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

''Kondisi sudah aman,'' Alex mengklaim saat ditemui di Markas Kepolisian Daerah Papua, Jayapura, Selasa 1 November 2011.

Kapolres juga mengungkapkan, penerbangan maskapai Trigana yang sempat ditutup, juga sudah kembali melayani rute dari dan ke Mulia. ''Hari ini Trigana sudah kembali terbang ke Mulia,'' katanya. 

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

Meski sudah kondusif, Alex tetap meminta seluruh polisi untuk tetap waspada. ''Kami tetap waspada, karena mereka bisa saja setiap saat menyerang," kata Alex. Mereka yang dimaksud adalah kelompok bersenjata yang mengklaim bagian dari Tentara Pembebasan Nasional Papua.

Minggu kemarin, Asisten Manajer Area Trigana Papua, Irwan Rochendi, menyatakan maskapai penerbangan Trigana Air yang selama ini melayani rute perintis ke wilayah pedalaman Papua memilih menutup penerbangan sementara ke Mulia.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

"Sejak Sabtu kemarin, penerbangan dari dan menuju Mulia sudah kami tutup, dengan alasan, lokasi bandara Mulia belum pulih total setelah aksi penembakan Kapolsek," ujar Irwan Rochendi.

Lanjut dia, salah satu bukti pihaknya menyatakan kondisi bandara Mulia belum pulih total, karena warga bebas keluar masuk bandara, bahkan hingga runway dan apron. "Situasi di areal bandara belum steril, warga bebas berkeliaran di landasan, padahal itu sangat mengganggu penerbangan," ujarnya.

Laporan Banjir Ambarita | Jayapura, umi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya