Hadapi Banjir Lahar Merapi, Magelang Siaga 1

Banjir lahar dingin menyebabkan jalan Yogyakarta-Magelang putus
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews -- Puluhan juta kubik material sisa erupsi Merapi masih berada di lereng gunung. Saat hujan deras turun, sisa-sisa letusan akan tersapu ke hilir. Banjir lahar dingin bisa terjadi sehingga mengkhawatirkan penduduk lokal.

Memasuki musim penghujan tahun ini, masyarakat di lereng Gunung Merapi diminta meningkatkan kewaspadaannya."Bahkan untuk Magelang sudah Siaga 1, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Selasa 1 November 2011.

Dia menjelaskan, lahar dingin mengancam  masyarakat dan infrastruktur di sepanjang 15 sungai di sekitar Merapi. "Dari 140 juta meter kubik hasil erupsi Merapi, diperkirakan masih ada 90 juta meter kubik material piroklastik di lereng Merapi," kata dia.

Sutopo menjelaskan, sekitar 50 persen material di lereng selatan dapat mengalir  ke Kali Woro, Kali Gendol, Kali Opak, dan Kali Boyong. Sisanya 50 persen berada di sisi barat ke Kali Krasak, Kali Putih, Kali Lamat dan Kali Pabelan. "Dam sabo yang ada terisi pasir 18,24 juta meter kubik atau 90 persen dari kapasitasnya. Hal ini dapat menyebabkan luncuran lahar dingin mudah terjadi."

Ancaman lahar dingin tak main-main. Sutopo mengatakan, pada periode musim hujan musim lalu, lahar dingin menyebabkan 28 desa terdampak lahar dingin. Total 861 rumah rusak, yaitu 129 rumah di DIY dan 732 rumah di Jawa Tengah. Tercatat  puluhan jembatan hancur diterjang lahar dingin.

Untuk mengatasi lahar dingin, BNPB memberikan dana siap pakai Rp444,69 miliar kepada Kementerian PU untuk penanganan darurat lahar dingin. Tiga bidang pekerjaan umum dikerjakan sekaligus, yaitu pertama, sumber daya air Rp181 miliar untuk normalisasi alur sungai, penguatan tebing,  pengerukan intake saluran, perbaikan sabo dam, tanggul di Kali Putih, Kali Krasak, Kali Batang, Kali Bawang, Kali Kuning, dan Kali Gendol.

Kedua, bidang bina marga Rp232,3 miliar untuk perbangunan jembatan dan perbaikan badan jalan. Sekitar 19 jembatan dibangun. Salah satunya jembatan nasional Pabelan Lama dan Srowol yang menghubungkan Magelang-Jogja. Ketiga, bidang cipta karya sebesar Rp31,39 miliar untuk rehabilitasi intake mata air Umbul Wadon, penyediaan air minum perdesaaan, permukiman dan sebagainya.

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas
Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Jimny 5 pintu terkenal dengan ketangguhannya di medan offroad.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024