Tak Ada Dana, Paku Safira Sempat Dibiarkan

Paku dalam betis Safirah
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Dari sisi medis, kondisi yang dialami bocah kecil bernama Safira tidak masuk akal. Bayangkan, pada kedua betis mungilnya terdapat 24 logam mirip paku, satu jarum suntik, dan batangan aluminium.

Paman Safira, Wawan menjelaskan, keberadaan benda-benda aneh di tubuh keponakannya itu ketahuan sekitar dua bulan lalu. "Saat itu, dia luka, kelihatan benda seperti paku di betisnya, dicabut ada satu mirip paku," kata dia kepada VIVAnews,com, Rabu 2 November 2011.

Setelah diperiksa, ternyata banyak benjolan mencurigakan di daerah kaki. Benjolan itu ternyata juga berisi logam serupa. Meski khawatir bukan kepalang, keluarga tak langsung membawa bocah tiga tahun itu ke rumah sakit. "Karena kami kekurangan dana," kata dia. Apalagi, selama itu bocah Safira tidak menunjukkan gejala-gejala aneh. "Dia seperti normal."

Wawan mengaku bersyukur, ketiadaan dana itu diatasi dengan Jamkesda, jaminan kesehatan daerah. "Setelah diurus segala macam, ditanggung dengan Jamkesda, Alhamdulillah seluruh perawatan," ujar Wawan.

Kini, keluarga bersyukur benda-benda aneh itu bisa diangkat, meski belum semuanya.

Belum diketahui kapan pastinya benjolan itu terlihat. Ada yang menyebut sejak enam bulan lalu, ada juga yang mengatakan baru sekitar tiga bulan lalu.

Safira dan ibunya, Syarifah, tinggal di Jalan Reformasi, Kelurahan Tiro Sompe, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sulawesi Selatan. Keluarga lalu memutuskan membawa Safirah ke RS Umum Daerah Pare-pare.

Direktur RSUD Pare-pare dr Jamal, menegaskan bahwa kasus jenis ini baru pertama kali ditangani RSUD Parepare. Dokter Jamal membenarkan bahwa logam-logam itu bersarang di dalam betis Safira.

Tetapi, Jamal tidak berani menyimpulkan penyakit apa yang diderita Safira. Jamal mengakui bahwa ini kasus aneh yang belum dapat dijelaskan secara medis.

"Tapi, ini fakta dan tidak kami bantah. Saya pribadi menganggap ini aneh. Kalau ini disengaja, juga tidak mungkin," kata dia.

Menurut dia, batang logam yang dikeluarkan dari dua betis bocah itu memiliki ukuran dan jenis berbeda. Total ada 24 batang logam berbentuk paku, satu potongan jarum suntik, dan sebatang aluminium. "Panjangnya 3 hingga 5 sentimeter," ujar Jamal. (Laporan: RHA | Makassar, art)

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas
Test drive Suzuki Jimny 5 pintu

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Jimny 5 pintu terkenal dengan ketangguhannya di medan offroad.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024