Survei Buruk, Kejaksaan Tak Merasa Terpuruk

Pelaksana tugas (Plt) Jaksa Agung Darmono
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Jaringan Survei Indonesia mengungkapkan kekecewaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia, termasuk lembaga hukum. Tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegakan hukum yang terendah dimiliki oleh Kejaksaan Agung.

Hal ini disampaikan oleh Direktur  Jaringan Suara Indonesia (JSI), Widdi Aswindi, saat memaparkan hasil survei nasional tentang 'evaluasi kinerja lembaga penegakan hukum' di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu 2 November 2011.

Dalam hasil survei tersebut, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung hanya 46 persen. Ini lebih rendah dibandingkan Kepolisian, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bagaimana tanggapan Kejaksaan Agung?

"Saya belum baca hasil survei itu. Dan itu tentu belum mewakili seluruh rakyat Indonesia," kata Wakil Jaksa Agung Darmono, di Jakarta, 2 November 2011.

Namun, Kejaksaan Agung mengatakan hasil survei akan digunakan untuk meningkatkan kinerja, kredibilitas, dan integritasnya. "Sehingga pada akhirnya yakin dapat meningkatkan kepercayaan publik. Ini yg kita cita-citakan. Membangun kepercayaan publik," ucap Darmono.

Darmono tidak melihat Kejaksaan Agung terpuruk akibat hasil survei ini. "Saya tidak merasa terpuruk karena langkah perbaikan reformasi birokrasi sudah dilakukan," tuturnya.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak
Toyota Starlet

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mobil hatchback legendaris Toyota Starlet dikabarkan akan kembali dihidupkan kembali. Namun, kabarnya pabrikan asal Jepang itu akan jadikan Starlet sebagai mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024