KPK: Banyak Rumah Dinas Jadi Milik Pribadi

Renovasi rumah dinas anggota DPR di Kalibata
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan telah menyelamatkan uang negara dari berbagai rumah dinas yang ternyata masih ditempati oleh mantan para pejabat negara. KPK telah mengembalikan rumah-rumah dinas itu ke negara. 

Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M. Jasin menyatakan rumah-rumah dinas yang berhasil diselamatkan itu nilai asetnya mencapai ratusan miliar rupiah. “Ada dari rumah dinas kementerian, rumah dinas di Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan di Jawa Timur. Ada juga rumah mantan Menteri Pekerjaan Umum,” kata M. Jasin di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 3 November 2011.

Jasin menjelaskan aset rumah dinas itu tergolong besar karena berada di kota-kota besar. Namun ia mengakui, masih banyak aset-aset negara lain yang belum diselamatkan. Untuk itu, KPK mendorong semua penyelenggara negara yang sudah purna tugas agar segera mengembalikan rumah dinas mereka yang sesungguhnya merupakan aset negara.

“Masih banyak yang belum selesai. Kami terus bergerak ke universitas dan lembaga pemerintah. Kami juga mendorong ke kepolisian. Untuk TNI, kami belum dapat informasi, tapi tetap akan kami tertibkan,” kata Jasin.

Senada dengan Jasin, Haryono Umar yang juga Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan mengatakan KPK akan menindak tegas para penyelenggara negara yang telah mengganti hak kepemilikan rumah dinas dari negara ke pribadi.

“Kalau tidak segera diselamatkan, aset-aset negara di bidang perumahan dinas akan hilang karena akan menjadi milik pribadi para mantan pejabat itu,” ujar Haryono.

Berbeda dengan Jasin, Haryono mengatakan nilai aset dari rumah-rumah dinas yang diselamatkan KPK mencapai Rp4 triliun. Menurutnya, KPK sudah menyerahkan laporan soal penyelamatan rumah dinas pejabat itu kepada DPR. (kd)

PDIP Terbuka untuk Siapa Saja yang Mau Maju Pilkada Jakarta 2024
Liverpool vs Atalanta

Prediksi Liga Europa: Atalanta vs Liverpool

Duel Atalanta vs Liverpool dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024