650 Ribu TKI di Malaysia Akan Diputihkan

Amir Syamsudin
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM mendukung penuh proses pemutihan dokumen milik ratusan ribu TKI yang sedang dilakukan pemerintah malaysia. Dia menginstruksikan seluruh jajaran imigrasi membantu para TKI yang tidak memiliki dokumen resmi itu.

"Kita apresiasi pemerintah Malaysia yang telah memberikan kesempatan untuk memutihkan sekitar 650.000 TKI yang terdaftar, namun tidak memiliki dokumen keimigrasian hingga Januari 2011. Untuk itu seluruh jajaran keimigrasian telah membantu dengan mempermudah persyaratan pembuatan paspor yang tidak mereka miliki," kata Amir dalam keterangannya, Kamis 3 November 2011.

Saat ini Menteri Amir sedang meninjau proses pembuatan dokumen bagi TKI di Konsulat Jenderal RI Johor Baru, Malaysia. Dalam kunjungan ini, Amir didampingi Dirjen Imigrasi Bambang Irawan dan Dirjen Administrasi Hukum Umum Aidir Amin Daud.

Amir menitipkan pesan kepada ratusan TKI yang sedang memproses dokumen agar mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku di Malaysia. "Gunakan kesempatan luar biasa ini sebaik-baiknya agar kamu bisa bekerja dengan tenang di negeri jiran ini," ujarnya.

Pemutihan tersebut, lanjut Amir, merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia serta komitmen Malaysia dalam memerhatikan nasib TKI. "Pokoknya jajaran Kemenkum dan HAM siap mendukung proses ini," ujar Amir.

Sementara itu, Konsulat Jenderal RI di Johor baru, Jonas L Tobing menyatakan, saat ini di seluruh Malaysia terdapat sekitar 400 ribu TKI yang telah siap untuk diputihkan, namun belum memiliki paspor. Untuk itu, pihaknya akan mempermudah proses penerbitan paspor bagi ratusan ribu TKI tersebut. "Sebagian besar mereka tidak memiliki KTP sebagai sarat pembuatan paspor," jelas Jonas.

KJRI juga akan memberikan bantuan dan kemudahan bagi proses pemutihan dokumen tersebut. Antara lain, meminta mereka (TKI) menyerahkan surat pernyataan akan melengkapi KTP. (umi)

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak
Persebaya Surabaya Vs Persib

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Duel Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 32 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu 20 April 2024, pukul 15.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024