Moratorium TKI Tunggu Arab Saudi Berubah

Aksi Untuk Ruyati
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengatakan, keputusan penundaaan sementara (moratorium) pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sangat bergantung sejauh mana perubahan sikap pemerintah Arab Saudi dalam penanganan kasus-kasus pidana yang melibatkan TKI.

Sampai saat ini, Linda melanjutkan, pemerintah masih menyetop pengiriman TKI ke Arab Saudi. "Moratorium TKI dilakukan sampai ada perubahan sikap Pemerintah Arab Saudi," tegas Linda usai membuka seminar regional dengan tema perang terhadap eksploitasi seksual anak di Kuta, Bali, Jumat, 4 November 2011.

Banyaknya kasus yang membelit para TKI di Arab Saudi seperti dalam kasus pembunuhan yang berujung hukuman mati, merupakan dasar pertimbangan moratorium TKI. Karena itu, kini pemerintah lewat Satgas yang telah dibentuk terus berupaya melakukan lobi-lobi ke pemerintah Arab Saudi agar hukuman mati tidak dijatuhkan ke TKI.

"Kita berharap minimal hukuman mati itu ditunda," kata Linda, yang juga pernah menjadi Ketua Tim Advokasi dalam kasus TKI Sumiati.

Diakui Linda, pemerintah Indonesia sangat memahami sistem hukum yang berlaku di Arab Saudi. "Kita harus ketahui setiap negara punya sistem hukum sendiri, seperti halnya dalam kasus pembunuhan," ucapnya.

Peluang lolosnya para TKI dari ancaman hukuman mati tersebut, sambung Linda juga dipengaruhi oleh sikap keluarga korban. Harus ada kemauan keluarga korban untuk dapat memaafkan atas perbuatan pidana yang dilakukan TKI. "Ini yang terus kita dorong agar keluarga korban mau memaafkan," tuturnya.

Menyinggung sampai kapan moratorium TKI diberlakukan pemerintah, Linda mengatakan akan ditentukan pula sejauh mana keberhasilan kerja tim Satgas dalam melobi Arab Saudi untuk penundaan atau penghapusan hukuman mati bagi TKI.

Saat ini Satgas terus intensif melakukan berbagai pendekatan dan lobi-lobi seperti dengan keluarga korban pembunuhan di Arab Saudi. "Moratorium tunggu sampai situasi lebih baik dan kita siap untuk itu," tuturnya.

Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024