Pesawat Obama 40 Kali Datangi Bali

Obama tinggalkan Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan membuat sibuk Bandara Ngurah Rai, Bali. Mengingat akan ada 40 kali penerbangan pesawat baik yang mengangkut logistik maupun rombongannya selama lawatan ke Bali.

Karena itu, pihak otoritas bandara setempat tidak mau sedikitpun kecolongan dengan hal-hal sekecil apapun yang berpotensi mengganggu kedatangan Obama maupun para kapala negara lainnya.

Menurut Komandan Pangakalan Udara Ngurah Rai, (Danlanud) Letkol Pnb. Jumarto, pengamanan terhadap kedatangan pesawat rombongan Obama bersama pasukannya serta pesawat logistik lainnya akan mendapat perhatian serius jajarannya.

"Kami dapat informasi terkait kedatangan Presiden Obama akan ada sekitar 40 kali penerbangan ke Bandara Ngurah Rai," kata Jumarto, di Denpasar, Senin 6 November 2011.

Penerbangan sebanyak itu dimulai hari ini sejak kedatangan pesawat logistik hingga Obama kembali ke negaranya. Hanya saja, saat ditanya kapan kepastian kedatangan Obama hingga kini pihaknya belum mendapat konfirmasi lebih lanjut dari pihak Sekretariat Negara. Sebelumnya, ia mendapat informasi jika Obama diperkirakan mendarat pada 16 November 2011.

Ia menambahkan, para kepala negara dijadwalkan akan mulai berdatangan ke Bali pada 16-17 November ini. Dengan padatnya jadwal penerbangan pesawat dari Negeri Paman Sam itu, maka berbagai persiapan telah dilakukan sejak satu bulan sebelum jadwal kedatangan. Jajarannya, bersama unsur kekuatan lainnya dari TNI/Polri akan menggelar persiapan akhir pra tugas rencana pada 11-14 November.

Untuk pengamaman di lingkungan Bandara Ngurah Rai, selain diperkuat 1 Kompi Pasukan Paskhas, didukung peralatan dan pasukan komando atas dan unsur TNI lainnya. Selain menjaga keamanan pesawat dan logistik lainnya, pengamanan juga difokuskan di sepanjang rute dari bandara menuju lokasi KTT ASEAN maupun tempat para kepala negara menginap di kawasan Nusa Dua.

Presiden Obama dijadwalkan akan menghadiri pertemuan KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur 16-19 November yang dihadiri 10 Kepala Negara ASEAN dan 8 Negara Wicara ASEAN.  (Laporan: Bobby Andalan | Bali, eh)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024