Raja Arab Saudi Belum Putuskan Eksekusi Tuti

Tuty Tursilawati
Sumber :
  • Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI)

VIVAnews – Juru Bicara Satgas TKI, Humphrey R. Djemat menyatakan, Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz al Saud belum mengeluarkan keputusan eksekusi terhadap Tuti Tursilawati, TKI yang terancam hukuman pancung karena membunuh majikan yang memperkosanya.

“Ketua Satgas setelah ke Saudi, memastikan bahwa tidak benar setelah Idul Adha ini ada pemancungan terhadap Tuti. Itu kami ketahui karena belum ada keputusan dari Raja bahwa eksekusi akan dilakukan,” kata Djemat usai rapat bersama di Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat, Senin 7 November 2011.

“Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi juga menyurati Gubernur Mekkah agar mengusahakan untuk pemaafan,” ujar Djemat. “Kepala penjara tempat Tuti ditahan juga mengatakan, tidak ada perintah untuk melakukan eksekusi,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Djemat menegaskan, kabar soal pemancungan Tuti atau TKI-TKI lain setelah Idul Adha, adalah berita yang tidak berdasar. Djemat kemudian mengungkapkan kesulitan yang dihadapi Satgas dalam mengupayakan pembebasan Tuti.

“Untuk masalah Tuti, kami bukan hanya berhadapan dengan masalah diyath saja, tetapi juga karena keluarga korban berasal dari suku terkenal di Arab yang mempunyai sikap keras untuk masalah pembunuhan,” kata Djemat.

Karenanya, lanjut dia, Satgas TKI dan pemerintah saat ini sedang mengupayakan pembicaraan dengan tokoh-tokoh dan suku di Saudi, supaya ada pemaafan. Pemaafan, tegasnya, adalah yang terpenting. Sementara, “kami belum berbicara sama sekali mengenai diyath,” ujar Djemat.

Menkopolhukam Djoko Suyanto mengatakan, upaya pembebasan Tuti memang memakan waktu dan memerlukan kesabaran, terutama “untuk mendekati khafilah dan keluarga korban, karena tidak mudah untuk meyakinkan mereka memberikan pemaafan.” (eh)

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024