Menteri Buruh Saudi Rapat dengan Menakertrans

Muhaimin Iskandar Usai di Periksa KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Menteri Perburuhan Kerajaan Arab Saudi, Adel Muhammad Fakieh, menggelar pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 8 November 2011. Namun sebelum memulai rapat, pihak protokoler Menteri Perburuhan Saudi menegaskan bahwa pertemuan itu tidak untuk diliput media massa.

Petugas protokoler Saudi meminta para wartawan yang hendak meliput pertemuan kedua menteri, menyingkir dari lokasi. “No anybody, no camera,” kata salah seorang dari mereka dengan nada kasar kepada sejumlah wartawan yang sudah stand-by di depan ruang pertemuan.

Para wartawan pun menghormati permintaan tersebut, dan dengan patuh turun ke lobby hotel untuk menunggu di sana. Namun beberapa saat kemudian, enam orang petugas hotel mendatangi mereka dan menegaskan, mereka juga tidak diperbolehkan menunggu di lobby hotel.

“Pihak Arab tidak mau ada wartawan di sini. Ini rapat tertutup. Tidak boleh ada liputan sama sekali. Di lobby pun mereka tidak mau ada satu pun wartawan,” tegas petugas hotel itu.

Pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI sendiri sendiri tampak kebingungan melihat perlakuan yang diterima oleh para jurnalis yang biasanya bebas meliput. Namun mereka tidak dapat berbuat banyak, karena lokasi pertemuan bukan di Kantor Kemenakertrans, melainkan di hotel.

Apapun, pihak Kemenakertrans masih berupaya untuk melunakkan hati petugas hotel. “Ini acara kami, sebaiknya rekan-rekan media diizinkan untuk menunggu di luar ruang rapat,” kata Kepala Humas Menakertrans, Subhan, kepada petugas.

Pertemuan ini sendiri rencananya akan membahas tentang perlindungan dan penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi, termasuk tentang sejumlah persoalan yang kini membelit puluhan TKI, antara lain TKI Tuti Tursilawati yang terancam hukuman pancung.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024