94 Ribu Warga Magelang Terancam Lahar Dingin

Banjir lahar dingin di Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Masih ada 90 juta kubik sisa material vulkanik letusan Gunung Merapi, yang dapat memicu banjir lahar dingin di musim penghujan tahun ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Eko Priyono mengatakan, sebanyak 27.000 kepala keluarga atau 94 ribu warga Kabupaten Magelang yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi terancam banjir lahar dingin.

"Warga yang terancam tersebut tersebar di 58 desa yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah," kata Eko Priyono, Selasa 8 November 2011. Mereka rata-rata tinggal di bantaran Sungai Krasak, Putih, Pabelan, Lamat, dan Blongkeng.

Menurut Eko dari 10 sungai yang melintas di Kabupaten Magelang dan berhulu di Merapi, hulu Sungai Blongkeng dan Batang sudah terpotong sabodam di Kali Putih yang ada di atas. Namun, jika hujan lebat terus mengguyur, lahar dingin dapat membanjiri Kali Batang kembali.

"Pertamakali banjir lahar dingin justru terjadi pada Kali Batang yang hulunya sudah dimatikan. Begitupula dengan Sungai Blongkeng yang hulunya terpotong sabodam di Kali Putih. Debit airnya juga meningkat saat terjadi banjir lahar dingin pekan kemarin," dia memaparkan.

Eko menyatakan hampir seluruh dusun di 58 desa di bantaran sungai itu rawan dihantam banjir lahar dingin. Sebelum air datang, mereka harus diungsikan. "Sebagai contoh, Desa Sirahan yang memiliki 16 dusun. Sebanyak 12 dusun rawan diterjang banjir lahar dingin, sehingga warga harus mengungsi ke tempat yang aman," ujarnya.

Dijelaskan Ekon, BPBD Magelang bersama organisasi penanggulangan bencana di masing-masing desa telah menentukan titik-titik pengungsian warga jika terjadi banjir lahar dingin. "Kalau benar-benar terjadi banjir lahar dingin dan menggenangi dusun, maka mereka akan dipindahkan ke tempat pengungsian sementara di balai desa. Kalau pengungsi harus menginap lebih dari satu malam maka akan dipindahkan ke pengungsian akhir di Tanjung," ujarnya. (Laporan: Juna Sanbawa, DIY | kd)

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep
Mohamed Salah, Duel Liverpool vs West Ham United

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Duel West Ham United vs Liverpool dalam lanjutan Premier League matchday ke 35 di London Stadium, Sabtu 27 April 2024, pukul 18.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024