Amankan KTT ASEAN, Bali Punya Tiga Fokus

Gambar logo KTT ASEAN 2011 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Kepolisian Daerah (Polda) Bali menggelar latihan pengamanan rangkaian KTT ASEAN, yang akan berlangsung 17-19 November 2011. Dalam latihan itu, Polda Bali menekankan pada tiga agenda utama.

"Dalam latihan ini semua unsur kami libatkan, mulai Gegana, Brimob, Dalmas, Ditlantas dan lainnya. Tetapi, untuk pengamanan rute kami melibatkan Ditlantas, Brimob dan Gegana," kata Kepala Operasi Lapangan, Ajun Komisaris Besar Polisi I Made Sugita di Nusa Dua, Bali, Selasa 8 November 2011.

Tiga agenda utama yang menjadi fokus pengamanan petugas yakni pertama, pengamanan rute Presiden se-ASEAN. Pengamanan mulai dari Bandara menuju penginapan, maupun dari penginapan ke lokasi pertemuan dan sebaliknya.

Agenda penting kedua yakni mengantisipasi terorisme. "Kami melakukan latihan mengevakuasi peserta KTT ASEAN akibat adanya teroris," ujar Sugita.

Fokus ketiga, yang tidak kalah penting, adalah pengamanan atas rencana aksi-aksi demonstrasi yang akan dilakukan kelompok aktivis pergerakan. Polri akan fokus pada tiga hal itu.

"Bilamana ada hal lain, akan dikoordinasikan dengan instansi terkait lain seperti TNI," imbuh Sugita.

Rencananya, KTT ASEAN ke-19 ini juga akan dihadiri Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Obama dijadwalkan tiba di Bali pada 16 November 2011 untuk menghadiri KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur di Nusa Dua.  (Laporan: Bobby Andalan, Bali)

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku
Ryan Wibawa, Juara Dunia  Di  Specialty Coffee Expo 2024

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Kopi Indonesia terpilih menjadi salah satu terbaik kopi yang dipamerkan di Specialty Coffee Expo 2024, yang di gelar di Chicago, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024