Kuntoro: Perpanjang Umur Satgas Mafia Hukum

Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Kuntoro Mangkusubroto, menyatakan, sedang menyusun laporan akhir mengenai Satgas yang dipimpinnya.

"Terserah kepada presiden bagaimana, apakah akan stop di sini atau dilanjutkan," kata dia usai peluncuran buku "Busyro Muqoddas: Penyuara Nurani Keadilan" di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Selasa 8 November 2011.

Namun, ia berpendapat, masa kerja Satgas perlu diperpanjang dan dilanjutkan. "Karena pembangunan sistem sudah menunjukkan hasil-hasil yang baik dan tinggal kami bentuk bagian akhirnya ke jenjang yang lebih baik lagi dan korupsi lebih dituntaskan lagi," dia menambahkan.

Kuntoro mengatakan, perbaikan sistem seharusnya terus berjalan karena banyak aspek yang perlu diperbaiki. "Apalagi, kami sekarang mempunyai satu produk hukum yang akan memaksa lembaga-lembaga hukum untuk melakukan perbaikan," kata dia.

Mengenai seberapa lama sebaiknya masa kerja Satgas diperpanjang, Kuntoro menjawab, "Dua tahun."

Dia menambahkan, perpanjangan masa jabatan penting bagi perbaikan sistem di lembaga-lembaga penegak hukum, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, dan Kementerian Hukum dan HAM.

"Pembenahan sistem pelaporan dari mereka yang sesudah diperiksa oleh kejaksaan dan kepolisian, untuk diberikan fedback-nya kepada yang diperiksa," kata dia.

Seperti diketahui, masa jabatan Satgas akan berakhir kurang dari dua bulan lagi. Satgas dibentuk oleh Presiden SBY pada 30 Desember 2009, melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 37 Tahun 2009 tentang Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum, dengan tujuan untuk mempercepat pemberantasan praktik mafia hukum yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024