pahlawan nasional

"Buya Hamka Sudah Jadi Pahlawan Sejak Lama"

Museum Rumah Buya Hamka
Sumber :
  • pelangiholiday.wordpress.com

VIVAnews - Haji Abdul Malik Karim Amrullah -terkenal dengan panggilan Buya Hamka- dianugerahi gelar pahlawan nasional bersama tujuh tokoh lainnya, Selasa 8 November 2011. Anugerah itu diberikan melalui ahli warisnya di Istana Negara Jakarta.

"Kami, keluarga mengucapkan terimkasih kepada pemerintah dan beliau itu sejak awal sudah jadi pahlawan bagi kami," kata anak ke sepuluh Buya Hamka, Afif Hamka.

Terjadi Lagi Kasus Suami Bunuh Istri, Kali Ini di Karimun Kepulauan Riau

"Kemudian dari daerah sejak lama menghubungi kami, sudah berusaha menjadikan Buya Hamka menjadi pahlawan nasional."

Menurutnya, pemberian gelar pahlawan itu membanggakan keluarga. Keluarga, kata dia, bersyukur setelah melalui prosedur panjang sebelum bisa lulus kriteria. "Bagaimanapun juga bagi kami sekeluaga ini merupakan kebanggaan," ujarnya.

Buya Hamka adalah seorang ulama, aktivis politik dan penulis yang karyanya telah memperkaya khasanah pemikiran Indonesia. Karya sastra pria kelahiran Kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 itu telah diangkat ke layar lebar. Yakni, novel "Di Bawah Lindungan Kabah" yang ditulisnya pada 1936. Buya Hamka wafat di Jakarta pada 24 Juli 1981, meninggalkan 11 anak. (eh)

Tersangka Tegar yang menganiaya juniornya mahasiswa STIP hingga tewas.

Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, Keluarga Curiga Pelaku Lebih dari 1 Orang

Taruna STIP bernama Putu Satria Ananta tewas karena dianiaya seniornya. Pelaku sudah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024