29 Daerah Rawan Banjir dan Longsor di Jatim

Banjir di Surabaya
Sumber :
  • Fiqih Arfani | Surabaya Post

VIVAnews - Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mengingatkan, masyarakat untuk mewaspadai sejumlah wilayah yang rawan banjir dan longsor.
Disebutkan, ada 29 daerah yang rawan banjir dan longsor.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Meski belum merata, hujan yang mulai turun tetap harus diwaspadai, terutama saat mencapai puncak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Syahrul Arifin, Selasa 8 Nopember 2011.

Untuk wilayah yang rawan terjadi banjir di antaranya Malang, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Kediri, Trenggalek, Tuban, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso, Pacitan dan sejumlah daerah lain di kawasan Tapalkuda.

Kawasan Pasuruan misalnya, juga perlu diwaspadai karena kerap banjir saat musim hujan tiba. Itu berbeda dengan wilayah utara Jatim yakni, Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, sebab kawasan tersebut berada di kawasan aliran Bengawan Solo, umumnya banjir di daerah tersebut disebabkan karena air kiriman.

Untuk dataran rendah, yang perlu diwaspadai adalah air kiriman akibat hujan yang turun di daerah lain. Sementara, untuk wilayah pegunungan yang perlu diwaspadai kemungkinan adanya tanah longsor.

"Curah hujan yang cukup tinggi tidak saja menyebabkan banjir, namun juga tanah longsor khususnya di daerah pegunungan," lanjutnya.

Di antaranya daerah rawan longsor adalah, di kawasan Malang, Batu, Situbondo, Bondowoso, Pacitan, Lumajang, Pasuruan dan beberapa kawasan pegunungan lainnya di Jatim.

Terkait itu, BPBN terus melakukan penyuluhan dan koordinasi dengan masyarakat di sejumlah wilayah. Termasuk, menyiapkan langkah-langkah dan antisipasi cepat jika terjadi bencana. Untuk kepentingan itu, diajukan anggaran penanggulangan bencana sebesar Rp18 miliar.

Sementara itu, pada Selasa malam, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meninjau langsung lokasi banjir di Surabaya. IbuĀ  bupati pun turun tangan memberikan pertolongan langsung kepada sejumlah penumpang yang kendaraannya mogok. Terutama yang ada penumpang wanita dan anak-anak. "Mereka diangkut dengan truk dinas yang kami sediakan," kata Risma, Rabu dinihari, 9 November 2011.

Sejumlah wilayah di Surabaya yang tergenang air di antaranya wilayah kecamatan Bulak, Simo Jawar, Simo Sidomulyo, Petemon Kali, Suko Manunggal, Darmo Satelit, Tanjung Sari dan sejumlah wilayah lainnya.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024