Soal Freeport, Tokoh Papua Mengadu ke PBNU

Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siroj.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menerima kedatangan beberapa tokoh adat dari Provinsi Papua. Mereka merupakan penduduk yang tinggal di sekitar PT Freeport Indonesia.

Pertemuan yang berlangsung secara tertutup, Kamis 10 Oktober 2011 sejak pukul 12.00 WIB. Said bertemu dengan tokoh adat Papua yaitu Lembaga Musyawarah Adat Amungme dan Lembaga Musywarah Adat Kamoro.

Dari pertemuan tersebut, Said Aqil mendengar beberapa keluhan mereka antara lain masih adanya kekerasan, penembakan, dan ketidakadilan ekonomi.

"Mereka hidup miskin di daerah yang sangat kaya raya yaitu, Freeport. Jadi bukan masalah politik. NU juga menyaksikan ketidakadilan tersebut. Pemerintah harus malu mengapa orang Papua masih bodoh," kata Said usai pertemuan di Gedung PBNU, Jakarta.

Atas keluhan tersebut, kata Said, mereka meminta agar NU bisa membantu dan menyuarakan kezaliman, pelanggaran HAM, dan ketidakadilan ekonomi yang mereka rasakan ke pemerintah.

"Mereka juga akan bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri ESDM. NU bisanya kan mendengar kemudian menyampaikan kepada pemerintah," jelasnya.

Said Aqil juga mendesak agar pemerintah pusat harus turun ke Papua dan melihat secara langsung kehidupan mereka di sana, kemudian janji-janji pemerintah harus direalisasikan. "Presiden kan dulu banyak janji tuh, ternyata banyak yang belum terealisasi," ujarnya.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat berkunjung di SMPN 2 Tanggulangin. (Istimewa)

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor tidak memenuhi panggilan KPK pada Jumat, 19 April 2024, sebagai saksi dalam kasus korupsi pemotongan insentif ASN

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024