Minta Ampunan Buat Tuti, DPR Surati Saudi

DPR Kirim Surat ke Saudi untuk Tuti
Sumber :
  • Syahrul Ansyari/ VIVAnews

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat telah mengirim surat kepada keluarga majikan Tuti Tursilowati, Suud Malhaq Al Utaibi, di Arab Saudi. Surat yang berisi permohonan ampunan agar eksekusi pancung Tuti dibatalkan.

"Surat dikirim oleh DPR ditembuskan ke Raja Arab Saudi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Duta Besar Saudi Arabia, maupun Duta Besar RI di Riyadh dan Satgas TKI," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, kepada di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 11 November 2011.

Priyo mengatakan, surat tersebut adalah yang pertama kali dikeluarkan oleh DPR. Dia menyatakan hal itu terpaksa dilakukan mengingat efek besar yang terjadi di Indonesia jika pemerintah kerajaan Arab Saudi jadi menjalankan hukuman tersebut.

Animo Tinggi Masyarakat ke Indonesia U-23 Harus Dijaga, tapi Arahnya Positif

"Saya teken surat tersebut yang isinya memohon dengan sangat kepada keluarga besar tuan Suud Malhaq Al Utaibi atas nama persaudaraan kedua bangsa memohon ketersediaan keluarga untuk memaafkan saudari Tuti Tursilawati," katanya.

"Langkah ini adalah langkah yang paling kita mungkinkan dan kami yakini dengan ridho Allah, keluarga berkenan untuk mengabulkan."

Surat itu, kata Priyo, dikirimkan melalui email sekaligus melalui jalur resmi. Jika ampunan itu diberikan dan Tuti diminta uang diyat atau denda, maka pemerintah harus bersedia membayarnya.

"Tidak ada alasan untuk masalah itu [uang diyat]. Kalau pemerintah tidak ada, kita akan mencarikan di APBN untuk diyat dan seterusnya semoga Tuti bisa diselamatkan pada menit-menit akhir," tuturnya.

Tuti, TKW asal Majalengka, Jawa Barat itu kini tengah meringkuk di penjara Kota Thaif, Arab Saudi. Dia dipenjara karena membunuh majikannya pada 11 Mei 2010 lalu. Namun, tindakan itu dilakukan Tuti bukan tanpa alasan. Tuti membunuh majikannya dengan pukulan kayu karena berulang kali memperkosanya.

Setelah menghantam majikannya, Tuti lari membawa uang gaji senilai 31.500 real Saudi dan sebuah jam tangan dari rumah keluarga majikannya. Namun, nahas lagi buatnya, pria yang berjanji menolong dia saat kabur, malah menyekapnya. Tuti lalu beramai-ramai diperkosa 9 pria.

Ria Ricis dan Teuku Ryan

Drama Pernikahan Ria Ricis: Terbongkar Alasan Ibunda Teuku Ryan Sempat Tak Beri Restu

Ternyata ibunda Teuku Ryan sempat tidak merestui putranya untuk menikahi Ria Ricis, kenapa?

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024