Bebas, Agus Condro Giat Kampanye Antikorupsi

Agus Condro
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Setelah dinyatakan bebas, mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI, Agus Condro yang  tersangkut kasus suap cek pelawat pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia yang memenangkan Miranda Goeltom, giat melakukan kampanye antikorupsi di kalangan anak muda.

"Aktivitas kegiatan politik saya  sekarang ini adalah mendorong teman-teman  muda untuk lebih giat lagi melakukan gerakan-gerakan pemberantasan korupsi," kata dia kepada VIVAnews.com di Solo, Jumat 11 November 2011.

Lebih lanjut Agus pun mengungkapkan salah satu caranya adalah dengan menggandeng pihak kampus supaya membangun budaya baru yang betul-betul antikorupsi.

Dia beranggapan bahwa kegiatan kampanye tersebut harus dimulai dari kalangan rakyat khususnya anak muda, sebab jika mengharapkan pemberantasan korupsi dari elit politik pemerintahan sangat sulit.

"Kalau mengharapkan dari elit politik susah karena di antara mereka sudah tidak ada yang bersih dan sudah saling sandera. Jadi tidak mungkin penuntasan kasus korupsi dilakukan oleh mereka," kata Agus yang menjadi whistle blower kasus suap cek pelawat.

Dengan demikian, ia pun meminta supaya gerakan pemberantasan korupsi dikembalikan kepada rakyat kembali sebagai pemberi mandat kekuasaan politik kepada para elit-elit politik. "KPK juga terlihat kurang pede kinerjanya sehingga susah berharap. Meski begitu, dibandingkan penegak hukum lainnya, KPK masih yang terbaik," tegasnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis 15 bulan kepada Agus Condro. Dia terbukti menerima cek pelawat usai pemilihan DGS BI pada 2004 yang saat itu dimenangkan Miranda Swaray Goeltom.

Majelis hakim menilai tidak ada hal yang memberatkan bagi Agus Condro. Sedangkan tiga terdakwa lainnya dinilai tidak menyesali perbuatannya dan tidak mengembalikan uang yang diterima usai pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia pada 2004.

Agus Condro mendapat keringanan hukuman karena dinilai telah menyesali perbuatannya menerima cek pelawat tersebut dan menyerahkannya ke penegak hukum.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini
Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024