Pengamanan KTT ASEAN Dicek Ulang

Gambar logo KTT ASEAN 2011 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Pengamanan jelang KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur terus diperketat. Minggu 13 November 2011 siang, Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Suryo Prabowo meninjau langsung kesiapan pengamanan di atas KRI Banda Aceh di Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Pada kesempatan itu, Suryo memberi pengarahan langsung kepada Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama TNI Sulaiman Banjarnahor, Pangdam IX Udayana Mayjend Leonard Leuk dan Kapolda Bali Irjen Totoy Herawan Indra.

Ia meminta agar personel TNI ditempatkan di lokasi strategis sepanjang tempat perhelatan berlangsung. Personel TNI itu harus berseragam lengkap. Tujuannya agar masyarakat mengetahui jika ada konferensi tingkat tinggi yang sedang berlangsung. Sehingga mereka yang hendak berbuat sesuatu dan merugikan dapat diantisipasi sedini mungkin.

Ia juga meminta agar pengamanan di laut dan udara sepanjang acara berlangsung harus diperketat, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang muncul.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Namun Jenderal Bintang Tiga itu enggan berbicara lebih jauh terkait kesiapan pengamanan KTT ASEAN yang akan dihadiri Presiden Amerika Serikat Barack Obama itu.

Sementara Pangdam Leonard Leuk menegaskan, kesiapan untuk mengamankan jalannya KTT yang dihadiri 18 kepala negara ini sudah terintegrasi mulai darat, laut dan udara. "Pengamanan kita juga sudah terintegrasi dengan kepolisian. Mulai darat, laut dan udara, semua sudah terkoordinasi dengan baik," ujar Leonard, Minggu 13 November 2011.

Pengamanan yang dilakukan, sambung Leonard, dengan cara memetakan setiap potensi ancaman dan gangguan yang akan muncul. Yang paling diantisipasinya adalah aksi terorisme, meski ia mengaku sudah ada penangkal jitunya.

Ia juga mengaku telah mengerahkan kekuatan untuk melakukan pengamanan ketat sepanjang jalan jalan menuju ke Bali Nusa Dua Convention Center (BICC) dan Bali International Convention Center (BICC).

"Mereka yang boleh masuk ke lokasi adalah yang memiliki ID khusus. Sementara pegawai dan wisatawan juga telah diberi ID dari pihak hotel tempat menginap," ucapnya. Sementara untuk masyarakat yang akan berwisata atau melihat ASEAN Fair juga telah dipersiapkan jalur tertentu.

Untuk wilayah udara di atas lokasi berlangsungnya acara, imbuh Leonard, dilarang ada aktivitas penerbangan. "Kami akan atur, pada hari-hari tertentu akan diblok dan dikosongkan, atau disterilkan terutama di BNDCC dan BICC," papar Leonard.

Leonard mengaku sementara ini tak melihat potensi ancaman terhadap kelangsungan acara. Untuk pengaman KTT ASEAN ini ada 5 KRI yang telah disiagakan di sekitar perairan Selatan Bali masing-masing KRI Slamet Riyadi, KRI Kerapu, KRI Banda Aceh, KRI KS Tubun, KRI Sura dan KRI Cendrawasih. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi)

Bea Cukai bersama BNN menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu dan ganja

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sepanjang Januari-Februari 2024, Bea Cukai bersama BNN telah mengungkap empat kasus peredaran gelap narkotika di wilayah Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024