Bom di Ponpres Bima, Ini Pembelaan Tersangka

Penyisiran Pondok Pesantren Khilafiah Umar bin Khatab
Sumber :
  • ANTARA/Abdullah

VIVAnews - Para tersangka bom Pondok Pesantren Umar bin Khattab, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dibela tujuh pengacara. Melalui pengacara, para tersangka mengaku bom yang meledak 11 Juli lalu disiapkan jika ada serangan dari luar.

Para tersangka tersebut adalah Ustadz Abrory M. Ali alias Maskadov alias Abrory Al Ayubi, Syakban alias Syakban A Rahman alias Syakban alias Umar Syakban bin Abdurrahman, Mustakim Abdullah alias Mustakim, Rahmat alias Rahmat Ibnu Umar alias Rahmat Bin Efendi, Rahmat Hidayat, dan Asrak alias Tauhid alias Glen.

Asluddin, salah satu pengacara para tersangka, mengatakan ledakan bom yang menewaskan Ustadz Firdaus bukan diledakkan namun meledak saat hendak dijinakkan. "Kita lihat saja nanti, apakah keberadaan bom yang disiapkan untuk menjaga diri itu termasuk tindakan teroris? Itu akan kita buktikan nanti di pengadilan," kata Asluddin kepada wartawan, Selasa 15 November 2011.

Menurut Asluddin, bom itu memang ada di Pondok Pesantren Umar Bin Khatab. Para tersangka, kata dia, membeli bahan-bahan bom setelah ada isu akan terjadi penyerangan ke Pondok Pesantren Umar Bin Khattab pasca- pembunuhan anggota Polsek Bolo Bima oleh santri pondok pesantren bernama Sya'ban.

Ledakan bom terjadi pada 11 Juli 2011 lalu sekitar pukul 15.30 Wita dan menewaskan Firdaus. Sebelum terjadi ledakan di Pondok Pesantren Umar Bin Khattab, Bima, seorang santrinya bernama Syakban membunuh anggota Reskrim Polsek Bolo, Bima bernama Brigadir Rokhmad Saefuddin pada Kamis 30 Juni 2011 dinihari.

Hari ini, Polda NTB telah melimpahkan berkas tujuh tersangka bom di Ponpres Umar bin Khattab ke kejaksaan untuk dibuatkan dakwaan. Jika lancar, bulan depan para tersangka sudah disidang di pengadilan.  (Laporan: Edy Gustan, Mataram, eh)

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online
Mpok Alpa

Hamil Anak Kembar, Mpok Alpa Rela Beli Ini Gak Liat Harga Demi Ngidam Terpenuhi

Komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang lebih akrab disapa Mpok Alpa, saat ini tengah berbadan dua alias hamil. Mpok Alpa hamil anak kembar, masuk 4 bulan.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024