Rebana dan Pramuka di Sidak Menteri Amir

Menkumham Amir Syamsuddin dan Panda Nababan di Rutan Salemba
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman Rimadi

VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin bersama wakilnya Denny Indrayana melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu 16 November 2011. Sidak yang seharusnya mendadak ini mendapat sambutan.

Sidak ini untuk mengklarifikasi video milik mantan napi Syarifudin S Pane yang merekam praktik menyimpang di balik bui Rutan Salemba seperti judi dan prostitusi. Tak lupa, Menteri Amir mengundang Syarifudin untuk ikut dalam rombongan sidak.

Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy

Pantauan VIVAnews.com, Amir dan Denny yang tiba di di Rutan Salemba Pada pukul 10.55 WIB langsung disambut rombongan remaja berbaju Pramuka.

Amir dan Denny yang kompak memakai batik ini didampingi Kalapas Rutan Salemba Slamat Prihantara, Dirjen PAS Kemenkum HAM Sihabudin, dan pejabat Kemenkum HAM dan petugas lapas. Pengelola rutan juga mempersilakan para wartawan masuk ke rutan namun dengan pengawasan ketat.

Ketika tiba, Amir dan Denny langsung menuju ke blok K yang terdiri dari 3 lantai. Blok K ini merupakan salah satu blok yang terekam video Pane saat dipenjara selama empat bulan pada 2008.

Rombongan kemudian berangkat ke lantai dua, tepatnya, Blok K Tipe V-B yang terdiri dari sembilan kamar di mana setiap kamar berisi 5-9 napi. Dalam masing-masing kamar tampak fasilitas televisi, tempat tidur, karpet dan kamar mandi.

Sihabudin lantas menunjuk satu kamar yang dulu sempat dihuni Syarifudin. "Ini sel yang digambarkan oleh Syaripuddin tahun 2008. Sekarang keadaannya seperti ini, lihat saja sendiri. Sudah berubah menjadi sel hunian, " kata Sihabudin kepada Menkumham Amir Syamsudin.

Dari Blok K, rombongan bergerak ke Blok O. Di sana tampak beberapa tahanan koruptor seperti Max Moein, Syamsul Arifin, dan Panda Nababan. Setelah memeriksa keadaan dalam, Amir menyapa ketiga mantan pejabat yang tersandung korupsi itu. "Apa kabar Pak Syamsul," sapa Amir kepada mantan Gubernur Sumut itu.

Sidak pun dilanjutkan ke masjid yang ada dalam kompleks rutan. Di sana, puluhan napi sudah menunggu sambil memainkan alat musik rebana dan melantunkan Shalawat.

Sebelum merampungkan kunjungan, rombongan Menteri Amir sempat masuk ke ruang Masa Pengenalan Lingkungan yang berisi napi baru. Salah satu staf rutan menjelaskan ada 300 napi baru yang menghuni ruangan tersebut.

Menteri Amir dan Denny meninggalkan Rutan Salemba pukul 11.55 WIB usai memberikan keterangan singkat kepada wartawan. (eh)

Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar
Rafael Struick latihan bersama Indonesia U-23

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Penyerangan Timnas Indonesia, Rafael Struick bakal dipastikan absen memeprkuat skuad asuhan Shin Tae Yong pada babak Semifinal Piala Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024