BNPB:RI Tak Akan Alami Banjir Seperti Bangkok

Badai Irene
Sumber :
  • tntmagazine.com

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan Indonesia tidak akan mungkin terjadi banjir yang luar biasa seperti di Bangkok. Siklon tropis, hanya terbentuk pada daerah di atas 10 derajat lintang Utara dan Selatan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo, siklon tropis seperti yang terjadi di Bangkok dan Philipina tidak akan terbentuk di daerah ekuatoir.

"Karena wilayah Indonesia tidak akan dilintasi atau tidak akan pernah terjadi siklon tropis yang besar," kata Sutopo dalam pesan singkat kepada VIVAnews.com, Rabu 16 November 2011.

Meski tidak berpotensi banjir seperti di Bangkok, tetapi Indonesia hanya dapat imbas dari siklon tropis tersebut. Yakni awan-awan di Indonesia akan tertarik ke siklon tropis tersebut.

"Sehingga beberapa tempat terjadi penumpukan awan dan menyebabkan banjir," jelasnya.

Sutopo menambahkan banjir di Jakarta umumnya juga dipengaruhi oleh siklon tropis di sebelah Selatan dan Barat Daya Samudera Hindia.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi bersama Presiden of JICA Akihiko Tanaka

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Sekjen Anwar mengungkapkan, saat ini Kemnaker sedang melakukan pengembangan fungsi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024