Bentrok KTT, 4 Aktivis Asing Diamankan

Demonstran Kembali Bentrok Dengan Aparat di Depan Gedung DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Polda Bali mengamankan empat aktivis asing yang ikut berdemo di Konsulat Amerika Serikat, Bali, Jumat 18 November 2011. Aksi demo ini berujung ricuh saat massa memaksa berdemo di depan Konsulat Jepang.

Wakil Polda Bali Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga Ana menjelaskan keempat aktivis asing ini berasal dari Filipina. "Berdasarkan ketentuan hukum Indonesia, orang asing tidak boleh melakukan kegiatan seperti demo. Mereka terlibat dalam aksi yang kemarin digalang aktivis dari berbagai elemen," kata Yoga dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Sabtu 19 November 2011.

Sampai saat ini, mereka masih dimintai keterangan di Polda Bali. "Belum final. Jika mengarah hanya ke pelanggaran, mereka akan dipulangkan. Kami akan serahkan ke Imigrasi," jelasnya.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Selain empat aktivis asing, Polda Bali juga meminta keterangan tiga aktivis Walhi. "Soal apa yang disangkakan, kami belum bisa sebutkan karena masih dalam tahap pemeriksaan," kata Yoga.Yang pasti, imbuhnya, semua aktivis yang diperiksa belum ditahan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi yang digalang Walhi, Serikat Petani Indonesia (SPI), Front Mahasiswa Nasional (FMN), Indies, Kiara, dan lainnya bentrok dengan aparat. Para aktivis ini menolak pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN karena dinilai tidak menguntungkan Indonesia.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews.com, Ahmda dari Aliansi Rakyat Untuk Demokrasi dan HAM (ARDHAM) menilai penangkapan ini arogan karena menjemput paksa aktivis asal Filipina tersebut.  Selain itu, kata dia, polisi juga tidak mengizinkan tiga aktivis Walhi meninggalkan Polda. Mereka adalah Sri Ranti, I Wayan “Gendo” Suwardana, dan Teguh Surya.

"Kami menuntut aparat kepolisian segera melepaskan dan membebaskan keempat orang warga Negara Filipina beserta 3 orang aktivis Walhi yang sampai saat ini masih berada di Mapolda Bali."

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI
MIND ID di Pameran Festival PPKL.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ada tiga topik utama yang ditampilkan dalam pameran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024