Kata Kalla Soal Pembelian Pesawat Presiden

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Rencana pembelian pesawat kepresidenan menuai kritik dari sejumlah kalangan yang dinilai boros, karena harga pesawat mencapai ratusan miliar rupiah.

Menanggapi hal itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, pembelian pesat kepresidenan itu wajar. "Itu wajar-wajar saja," kata Jusuf Kalla saat ditemui di Yogyakarta, Sabtu, 19 November 2011.

Saat ditanyakan apakah pemerintah layak membeli pesawat itu di tengah kondisi ekonomi rakyat yang masih terpuruk, Kalla menyanggah, "bukan layak atau tidak layak, namun pemerintah butuh itu," ujarnya.

Menurut dia, suatu negara sudah seharusnya mempunyai pesawat kepresidenan. "Pemerintah mana pun butuh pesawat untuk membawa Presidennya ke mana-mana," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan pembelian pesawat Boeing seri 737-800 NG sebagai pesawat kepresidenan akan segera dilakukan.

Menurut Sudi, setelah bernegosiasi dengan Boeing, pesawat tersebut mendapatkan potongan dari harga awal US$67 juta atau sekitar Rp607 miliar menjadi US$58 juta (Rp525 miliar). Dia mengatakan bahwa saat ini anggaran sebesar Rp200 miliar juga telah dialokasikan dalam APBN sebagai uang muka pembelian pesawat yang rencananya akan dioperasikan pada 2013. (Laporan Erick Tanjung, Yogyakarta) (adi)

Atap RS Bunda Margonda Jebol Dihantam Hujan Badai, Begini Kondisinya
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis

Round-up dari kanal Showbiz pada Rabu, 17 April 2024. Salah satunya tentang pendakwah yang diduga terlibat kasus korupsi suami Sandra Dewi dan Chicco Jerikho yang sakit.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024