Buku Soeharto, Bukan Agenda Politik Cendana

Soeharto
Sumber :
  • Buku 'Pak Harto, The Untold Stories'

VIVAnews - Diangkatnya kembali sosok mantan Presiden Soeharto dalam diskusi buku 'Pak Harto The Untold Stories' di Gramedia, Matraman Jakarta Timur memunculkan spekulasi bahwa keluarga cendana akan kembali ke politik praktis.

Salah satu penyusun buku setebal 306 halaman itu, Dwitri Waluyo membantah diskusi ini sebagai upaya comeback keluarga cendana ke pentas politik. Ia mengaku saat menyusun buku ini sekitar dua tahun lalu jauh dari hiruk pikuk politik.

Menurutnya, peluncuran dan diskusi buku ini sebagai upaya mengenang sejarah kepribadian Soeharto dari sisi yang belum banyak terungkap.

"Jauh dari kepentingan politik tapi kemudian menjawab isu-isu sensitif seperti misteri wafatnya Ibu Tien, yang kemudian dijelaskan pak Tanto (Sutanto) bahwa tidak ada tembak menembak," tuturĀ  Dwitri Waluyo di Jakarta, Sabtu, 19 November 2011.

Ketua DPP Partai Hanura Yuddi Chrinandi yang menjadi nara sumber juga mengaku tak melihat ada agenda politik dari Tutut dan keluarganya untuk kembali ke pentas politik. Ia mengatakan peluncuran buku ini adalah kumpulan kesan kami terhadap penguasa orde baru itu.

"Saya pernah tanya ke Mbak Tutut, apakah mau kembali ke politik? Jawab Tutut, 'Tidak, saya mau jadi WNI saja'," ujar Yuddi menirukan ucapan Siti Hardiyanti Rukmana, Putri Sulung Soeharto. (adi)

Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing
Dukung pemerintah pencapaian ekonomi 2024

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Perlu adanya transformasi struktural dengan kuatkan pasar dalam negeri, sebut saja salah satunya transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024