Truk Pasir Terseret Arus Lahar Dingin Merapi

Aliran deras banjir lahar dingin dari Merapi pada Januari 2011.
Sumber :
  • BMKG

VIVAnews - Hujan lebat yang mengguyur puncak Merapi hari ini pada pukul 13.00 WIB menyebabkan terjadinya banjir lahar dingin di Kali Putih, Magelang, Jawa Tengah. Sedikitnya ada dua truk, yang sedang mengambil pasir, terjebak banjir lahar dingin.

Bahkan satu truk terbawa arus banjir lahar dingin hingga tiga kilometer. Saat ditemukan, kondisi truk sangat mengenaskan.

Hanya tertinggal kerangka truk dan beberapa roda serta mesin truk. Sementara 1 truk lagi masih terjebak di sungai dan hingga saat ini belum dapat dievakuasi oleh warga karena sungai dalam kondisi banjir lahar dingin.

Chabibuloh, seorang relawan dari GP Anshor, Magelang, Jawa Tengah menyatakan truk yang hancur dan terbawa arus kali putih hingga 3 kilometer berplat polisi H 1563 YP. Truk dikemudikan Iwan Yusuf Ahmadi warga Bandungan, Ambarawa. Meski truknya terbawa hingga 3 kilometer, namun sopirnya dapat menyelamatkan diri.

”Datangnya banjir lahar dingin sangat cepat sehingga truk tersebut tidak bisa diselamatkan oleh sopirnya,” kata Chabibuloh, Minggu 20 November 2011.

Sementara 1 truk lagi berplat nomor polisi H 1997 BG yang dikemudikan oleh Dul Rahman warga Kaliungu, Kendal, Jawa Tengah terjebak dalam banjir lahar dingin di Kali Putih tepatnya di dusun Srumbung.

”Truk tersebut mencoba untuk bergerak ke daratan, namun karena banjir datangnya cukup cepat akhirnya truk terperosok dan dipenuhi dengan material Merapi,” ujar Chabibuloh.

Polda Lampung Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni 13-15 April 2024

Masih Normal

Ketinggian banjir di Kali Putih sendiri saat ini kata Chabibuloh mencapai 1 hingga 1,5 meter. Namun Kali Putih belum meluap seperti banjir lahar dingin beberapa minggu yang lalu dan berakibat jalan Jogja-Semarang putus.

”Arus lalu lintas yang melalui Gempol masih normal. Arus sungai kali putih belum meluap hingga menutup jalan Jogja-Semarang,” ujar Chabibuloh.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

Jemaah Salat Id Bubar, Respons Mabes TNI soal Pengendara Fortuner Ngaku Adik Jenderal
Antrean kendaraan yang ingin menyebrang ke Pulau Sabang untuk berwisata. VIVA/Dani Randi

Wisatawan yang Hendak ke Sabang Membeludak di Pelabuhan Ulee Lheue

Wisatawan yang Hendak ke Sabang Membeludak di Pelabuhan Ulee Lheue

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024